BI Antisipasi Dampak Perekonomian Yunani

Eko Nordiansyah    •    Senin, 29 Jun 2015 14:53 WIB
ekonomi yunani
BI Antisipasi Dampak Perekonomian Yunani
Ilustrasi Bank Indonesia -- FOTO: MI/Usman Iskandar

Metrotvnews.com, Jakarta: Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas mengatakan belum jelasnya penyelesaian utang Yunani turut berkontribusi kepada pelemahan rupiah terhadap mata uang Amerika Serikat (AS), dolar AS.

"Ada pengaruh. Tetapi, kami sudah mengambil langkah-langkah pengamanan," ujarnya di Main Hall, Galeri Bursa Efek Indonesia, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (29/6/2015).

Dia mengungkapkan, perekonomian Eropa yang saat ini sedang menghadapi masalah utang Yunani pastinya akan mempengaruhi perekonomian domestik. "Pasti ada pengaruh di global semua, sekarang perekonomian pasti ada pengaruh Eropa ke pengaruh domestik," lanjut dia.

Meskipun demikian, BI sudah menyiapkan antisipasi kalau pun tidak terjadi kesepakatan penyelesaian utang Yunani yang kemudian bisa berdampak kepada perekonomian Indonesia.

"Kita sudah antisipasi. Ini kejadiannya kan baru akhir minggu, ini hari kerja pertama, pengaruhnya nanti kita lihat. Karena BI akan memperhatikan fundamental. Tunggu statement resmi BI," pungkasnya.


(AHL)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

4 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA