Dua Cara Jitu Pemerintah Tekan Kestabilan Harga

Husen Miftahudin    •    Senin, 29 Jun 2015 15:32 WIB
pangan
Dua Cara Jitu Pemerintah Tekan Kestabilan Harga
Ilustrasi sembako. FOTO: Antara/Rudi Mulya

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan harga kebutuhan pokok saat puasa dan menjelang Lebaran akan stabil. Ini karena pemerintah telah menyiagakan dua cara untuk memastikan harga kebutuhan pokok stabil dan tidak mengalami pelonjakan.

Hal itu dikatakan Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel saat menghadiri Pasar Murah bersama Artha Graha Group. Ia menjelaskan, dua cara tersebut yakni dengan memastikan pasokan pangan melalui peningkatan produksi dan mengefektifkan supply chain atau rantai pasok melalui operasi pasar murah.

"Ini ke depan kita harus lakukan, pertama, meningkatkan produksi dan kedua supply chain-nya harus kita efektifkan," ujar Rachmat saat menghadari Pasar Murah 2016 Artha Graha Peduli, di area parkir Lapangan Banteng, Jalan Lapangan Banteng Selatan No 1, Jakarta Pusat, Senin (29/6/2015).

Ia mengungkapkan, dengan operasi pasar dipastikan imbal keuntungan yang didapat oleh produsen atau pemilik barang dan pedagang sesuai dengan yang diharapkan. Begitu pula dengan end user atau konsumen yang mendapat harga wajar dan tidak membelitkan masyarakat.

Soal kenaikan harga, ungkap dia, terjadi karena panjangnya rantai pasok dan para spekulan yang memainkan harga kebutuhan pokok di pasaran. Maka itu, dengan pasar murah yang dilakukan oleh pemerintah dapat memotong panjangnya rantai pasok untuk menghindari spekulan.

"Kenaikan harga ini dilakukan karena banyaknya supply chain dan para spekulan-spekulan. Menghindari ini maka kita adakan pasar murah dan operasi pasar," pungkas Rachmat.


(AHL)