Kurang Tidur Bisa Mempengaruhi Kinerja Anda

   •    Senin, 29 Jun 2015 15:36 WIB
kesehatan
Kurang Tidur Bisa Mempengaruhi Kinerja Anda
Kurang tidur bisa mengurangi kinerja. (Foto:insomnia.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesulitan tidur biasa mendera banyak orang. Mereka setiap malam berjuang untuk bisa tidur cepat sehingga bisa bangun pagi dan menghirup udara segar. Ketahuilah bahwa  Sleep Hygiene yang tepat tidak hanya meningkatkan kualitas tidur, tetapi juga mempengaruhi aktivitas kerja Anda, tekanan psikologis dan kontrol diri.

Apa itu Sleep Hygiene?

Sleep Hygiene merupakan istilah yang menggambarkan praktik untuk tidur lebih baik. Sleep Hygiene yang tepat tidak hanya meningkatkan kualitas tidur, tetapi juga mempengaruhi tingkat kewaspadaan saat terjaga. Berlatih Sleep Hygiene yang tepat dengan membuat perubahan sederhana dalam rutinitas Anda sehari-hari dapat menyebabkan manfaat yang signifikan dalam tidur, kewaspadaan, dan kinerja Anda secara keseluruhan.

Bagaimana caranya?

Menurut profesor psikologi, William Moorcroft, penelitian telah menunjukkan bahwa ada banyak pilihan individu membuat saat terjaga untuk tidur lebih baik di malam hari. Sebagaimana diuraikan dalam bukunya "Memahami Tidur dan Bermimpi" yang disarankannya antara lain untuk melawan stres dengan membuat diri santai, menjaga konsistensi dalam waktu tidur dan bangun tidur sehari-harinya, serta menghindari kafein, alkohol dan merokok beberapa jam sebelum berencana untuk tidur.

Apa bukti tidur yang buruk mempengaruhi kerja Anda?

Larissa Barber dari Northern Illinois University bersama dengan Matthew Grawitch dan David Munz dari Saint Luis University melakukan penelitian Sleep Hygiene pada 328 individu yang bekerja. Untuk rentang satu bulan, peserta menyelesaikan kuesioner yang dievaluasi Sleep Hygiene, kapasitas pengendalian diri, tekanan psikologis, dan keterlibatan kerja. Studi ini menemukan bahwa  kurangnya Sleep Hygiene dikaitkan dengan peningkatan tekanan psikologis, kurang keterlibatan di tempat kerja, dan tingkat yang lebih rendah dari kontrol diri. Individu dengan kurangnya Sleep Hygiene memiliki kapasitas pengendalian diri secara signifikan lebih rendah yang berarti bahwa mereka lebih mungkin untuk menunjukkan keterampilan miskin interpersonal, mekanisme koping yang buruk, dan kurang disiplin diri.

Oleh karena itu, tidur yang lebih baik mengarah pada kinerja yang lebih baik. Hanya saja, beberapa perubahan rutinitas sehari-hari dapat memiliki pengaruh yang signifikan pada tidur dan kinerja Anda. (Sumarni/Huffingtonpost)


(LOV)