Wimbledon 2015

Ini Alasan Dibalik Aturan Serba Putih di Wimbledon

Patrick Pinaria    •    Senin, 29 Jun 2015 15:39 WIB
wimbledon 2015
Ini Alasan Dibalik Aturan Serba Putih di Wimbledon
Serena Williams dan Venus Williams mengikuti ajang Wimbledon dengan pakaian serba putih (Foto: The Atlantic)

Metrotvnews.com, Jakarta: Turnamen Wimbledon merupakan salah satu turnamen paling bergengsi di dunia tenis. Tak hanya bergengsi, kompetisi tersebut memiliki beberapa keunikan. Salah satu keunikan pada kompetisi ini adalah aturan soal cara berpakaian para kontestannya.

Apa aturannya? Pihak panitia mewajibkan kepada para peserta untuk memakai dress code serba putih. Sekilas hal ini mungkin tidak disadari. Jika kita menyaksikan setiap pertandingan di Wimbledon, kita akan melihat para pemain berpakaian serba putih.

Bukan hal asing lagi sebetulnya. Karena aturan tersebut memang sudah dibuat sejak awal berdirinya Wimbledon pada 1877. Sesuai aturan, para peserta diwajibkan harus memakai pakaian dan celana berwarna putih.

Mengapa aturan ini dibuat? Setelah ditelisik, peraturan ini berawal sejak tahun 1800-an. Dilansir Business Insider, aturan itu dibuat karena pihak penyelenggara menganggap pakaian berwarna dapat menimbukan tanda keringat di daerah tertentu pada pakaian. Hal itu dianggap tidak pantas, terutama pada pakaian wanita.

Kemudian, peraturan semakin diperketat pihak penyelenggara seiring berkembangnya zaman. Pada tahun 2014, panitia penyelenggara Wimbledon mengeluarkan aturan baru bahwa setiap pemain tidak hanya wajib baju dan celana putih.

Para petenis diwajibkan untuk memakai atribut yang serba putih, baik dari topi, headband, sepatu, bahkan pakaian dalam. Warna pakaian juga tidak boleh berwarna putih gelap atau krem. Kemudian, jika pakaian tersebut terdapat garis tepi yang berwarna, itu tidak boleh lebih dari 1 cm.

Peraturan ini cukup menuai kontroversi. Beberapa petenis melontarkan kritik untuk peraturan tersebut. Salah satunya adalah Roger Federer.

"Menurut saya, peraturan itu terlalu ketat," kata Federer.

Pada Wimbledon 2013, Federer pernah mendapat teguran karena memakai sepatu putih dengan sol yang berwarna oranye. Pihak panitia meminta agar juara Wimbledon tujuh kali itu mengganti sepatunya. (Business Insider)


(ACF)

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

Adik Gamawan Fauzi 'Digarap' KPK

4 hours Ago

Azmin akan menjadi saksi untuk tersangka Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiha…

BERITA LAINNYA