Sebelum Ditembak, Begal Ini Sempat Gigit Petugas

Agus Josiandi    •    Senin, 29 Jun 2015 17:21 WIB
begal
Sebelum Ditembak, Begal Ini Sempat Gigit Petugas
MR saat digelandang petugas Satreskrim Polres Bangkalan. Foto: MTVN/Agus Josiandi

Metrotvnews.com, Bangkalan: Seorang begal, MR, 35 tahun, mengigit petugas saat hendak ditangkap. Pelaku yang mengaku sudah delapan kali merampas motor korbannya ini akhirnya dilumpuhkan dengan timah panas pada kaki kirinya karena dianggap melawan.

Polisi berhasil menangkap MR berdasarkan pengembangan dari penangkapan kasus serupa sebelumnya. Tiga hari sebelumnya, polisi membekuk EL, 32, salah seorang pelaku begal yang diamankan petugas usai tersungkur jatuh dari kendaraannya. Saat itu, EL dan MR berhasil merampas sepeda motor milik korbannya.

Dalam setiap aksinya, EL dan MR dibantu dua rekan lainnya. MR dibekuk di rumahnya, di Desa Sendang Dajah, Labang, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu 28 Juni. Sedangkan dua lainnya masih buron.

"Dari pengakuan MR, dia sudah cukup lama melakukan aksi begal," kata Kasat Reskrim Polres Bangkalan, AKP Andi Purnomo, usai memeriksa tersangka di ruang penyidik, Senin (29/6/2015).

Berdasarkan pengakuannya, sedikitnya delapan motor sudah diambilnya dari tangan korban. Hasil kejahatan tersebut digunakan untuk berfoya-foya.

"Dulu sebelum dipenjara untuk pertama kali, dia mengaku dua kali melakukan aksinya. Yang terakhir ini enam kali sebelum akhirnya kembali ditangkap," jelas Kasatreskrim.

Atas kejahatannya, MR dijerat dengan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan. Ancaman hukumannya adalah penjara 12 tahun. Sementara itu, polisi masih melakukan pengejaran terhadap dua komplotan begal lainnya yang masih buron, termasuk seorang penadah kendaraan bermotor hasil rampasan mereka.


(UWA)