Tuntut Freeport, Bupati Mimika Minta USD3,6 Miliar

Desi Angriani    •    Senin, 29 Jun 2015 19:35 WIB
freeport
Tuntut Freeport, Bupati Mimika Minta USD3,6 Miliar
Ilustrasi tambang Freeport. ANTARA FOTO/M AGUNG RAJASA

Metrotvnews.com, Jakarta: Bupati Mimika Eltinus Omaleng menuntut ganti rugi sebesar USD3,6 miliar kepada PT Freeport Indonesia atas penambangan emas yang dilakukan di lima gunung emas, di Mimika, Papua.

"USD3,6 miliar. Itu ada empat sampai lima gunung emas. Yang mereka habisi sampai masuk di bawah tanah," ujar Eltinus, di Gedung Sekretariat Negara Sayap Timur, Jalan Veteran 3, Jakarta, Senin (29/6/2015).

Selain ganti rugi, Eltinus juga menuntut Freeport untuk membayarkan hak tanah ulayat masyarakat suku Amungme yang wilayahnya juga menjadi target penambangan emas.

"Kami tuntut karena kami mau katakan hak ulayat itu besar. Kami yang hadir ini ada di tempat operasi Freeport. Mereka sudah habiskan gunung emas yang mereka ambil dari sana. Kami mau supaya ganti rugi itu dulu," cetusnya.

Menurutnya, selama ini Freeport tak pernah memberikan solusi atas permasalahan yang sama. Justru mereka didorong untuk menuntut langsung kepada pemerintah.

"Selalu dikatakan bahwa di dalam kontrak kerja ini pemerintah Indonesia dengan Freeport sudah tandatangan bersama, jadi kami diarahkan ke pemerintah terus. Itu tahun ke tahun," sambungnya.

Ia pun berharap agar Presiden Jokowi bersedia turun tangan memecahkan kasus yang menjerat warga Mimika selama 48 tahun ini. "Harapan kami supaya Presiden juga tau apa keinginan kami," pungkas dia.


(AHL)