Polisi Diminta Sebar Sketsa Penyerang Lapas Cebongan

   •    Rabu, 27 Mar 2013 10:15 WIB
Polisi Diminta Sebar Sketsa Penyerang Lapas Cebongan
ANTARA/Sigid Kurniawan/rj

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia Police Watch (IPW) meminta polisi segera menyebar sketsa wajah salah satu pelaku penyerangan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Yogyakarta.

Dari belasan pelaku, ada satu atau dua orang yang tidak menggunakan penutup wajah.

"Sketsa wajah itu dipublikasikan agar masyarakat bisa membantu memberikan informasi kepada polisi," kata Ketua Presidium IPW Neta S Pane dalam siaran pers yang diterima metrotvnews.com, Rabu (27/3).

Selain itu, Neta meminta polisi membuat sketsa gerombolan berpenutup wajah lengkap dengan detil asesoris yang mereka bawa. Peletakan asesoris dinilai Neta bisa mengarahkan pada identitas pelaku.

"Kebiasaan menggunakan peralatan dan menempatkan asesoris, seperti granat di bagian tubuhnya bisa menjadi indikasi siapa sesungguhnya mereka. Sebab ada indikasi mereka bukan berasal dari yogja maupun Jawa Tengah," kata Neta.

Lapas Cebongan diserang gerombolan bersenjata laras panjang, Sabtu (23/3) dini hari. Salah satu dari mereka sempat menyodorkan surat peminjaman tahanan. Tidak mendapat lampu hijau, mereka mengancam meledakkan granat. Pintu akhirnya dibuka. Belasan orang berpenutup wajah menyerbu masuk.

Para pelaku kemudian menyiksa para sipir. Lalu mereka menyebar, sebagian merusak CCTV dan sebagian lain menjemput Kepala Keamanan Lapas untuk mengambil kunci sel empat tahanan yang diincar.

Lalu, sebagian penyerang masuk ke Blok A5 tempat keempat tahanan tersebut. Salah satu dari mereka menembak empat tahanan yang diincar. Keempatnya tewas. Gerombolan pelaku melarikan diri.

Empat tahanan yang ditembak, yakni Hendrik Angel Sahetapy (Deki), Adrianus Candra Galaja (Dedi), Yohanis Juan Manbait, dan Gameliel Yermiyanto Rohi Riwu (Adi).

Mereka merupakan tersangka kasus penusukan hingga tewas anggota Komando Pasukan Khusus TNI AD Sersan Satu Santoso di Hugo's Cafe, Sleman, 19 Maret lalu.


Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

Pengacara Sebut Dakwaan Novanto Imajinasi KPK

6 hours Ago

Tim kuasa hukum Novanto mempertanyakan alat bukti yang menjadi dasar pembuatan surat dakwaan.

BERITA LAINNYA