Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu Dijaga Polisi Saat Lebaran

Patricia Vicka    •    Senin, 29 Jun 2015 20:48 WIB
ramadan 2015
Perlintasan Kereta Tanpa Palang Pintu Dijaga Polisi Saat Lebaran
Sejumlah pengguna jalan melintas di perlintasan kereta api yang tak berpalang pintu, di Kelurahan Kemijen, Semarang, Jateng, Senin (7/9/2009). Foto: Antara/R. Rekotomo

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Selama musim Lebaran, perlintasan rel kereta api tanpa palang pintu di wilayah Yogyakarta dan Solo akan dijaga petugas keamanan. Ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan penumpang yang hendak mudik melintasi jalur Yogyakarta ke Solo.

Executive Vice President PT KAI Daop VI, Wiwi Widyanti, mengatakan PT KAI akan menggandeng Kepolisian, TNI dan aparat pemerintah daerah untuk menjaga perlintasan kereta.

"Akan ada tambahan pengamanan sekitar 300 orang," kata Wiwi, di Stasiun Tugu Yogyakarta, Senin (29/6/2015).

Ditemui dalam kesempatan yang sama, Kepala Kepolisian Daerah DIY Brigjen Erwin Triwanto mengatakan penjagaan akan difokuskan pada perlintasan kereta tanpa palang pintu dan penjaga.

"Penjagaan akan berfokus pada perlintasan yang tidak ada palang pintunya. Untuk personel, penjagaan akan bekerja sama dengan intansi lain, terutama pemda karena tanggung jawab penjagaan perlintasan kereta ada di pemda," Kata Erwin.

Hingga kini ada sekitar 98 perlintasan kereta yang ada di sepanjang jalur kereta api Daop IV. Dari jumlah tersebut baru 42 perlintasan yang memiliki palang pintu dan sudah dijaga. Sisanya, sebanyak 48 perlintasan tak memiliki palang pintu dan tak dijaga.


(UWA)