MUI: Saat Ini Sulit Tentukan Makanan Halal

Wanda Indana    •    Selasa, 30 Jun 2015 01:08 WIB
mui
MUI: Saat Ini Sulit Tentukan Makanan Halal
Logo halal MUI. Foto: Sumaryanto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengalami kesulitan mengklasifikasin produk-produk halal.  Ketua Komite Syariah World Halal Food Council/Komisi Fatwa MUI Pusat, Asrorun Ni'am Sholeh mengatakan, kesulitan itu karena banyak makanan yang mengandung bahan kimia yang sulit dideteksi kehalalannya.

Hal itu menyebabkan proses sertifikasi halal yang dilakukan MUI ditempuh dalam waktu yang cukup lama.

"Sehingga membutuhkan kerumitan tersendiri terkait proses ingredient-nya.  Dulu di tengah proses trasidional, gampang kita tentukan apakah pangan ini halal atau haram. Tetapi sekarang unsur kimiawi yang haram bisa diturunkan sekian derajat kemudian tidak terdeteksi lagi itu butuh tools," ujarnya dalam diskusi bertajuk 'Penanganan Produk Halal Menjelang Lebaran' di Gedung Dewan Pers, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Jakarta Pusat, Senin (29/6/2015) malam.

Dengan demikian, penetapan produk makanan halal membutuhkan teknologi yang lebih canggih untuk membantu MUI memberikan sertifikasi halal. Dia juga mengaku membutuhkan para ahli bidang teknologi pangan agar penentuan produk makanan halal lebih terukur. 

"Dalam hal ini (Dibutuhkan) ahli di bidang teknologi pangan untuk berkolaborasi di bidang penentuan kehalalan produk," imbuhnya. 

Asrorum mengatakan, kehalalan suatu produk tidak hanya spesifik dilihat dari terminologi agama. Kata dia, pandangan halal kini sudah dipahami sebagai proses pengelolaan produk secara global. 

"Saya kira ini nyata bahwa Halal itu bukan hanya urusan spesifik keagamaan, tapi itu sudah menjadi trend yang bersifat global, yang bisa diterima. Di samping aspek ekonomi, tetapi juga aspek higienitas dan kesehatan. Di dalam ketentuan Alquran perintahnya dua hal sekaligus yaitu halal dan thoyib. Halal di terminologi agama, thoyib pada aspek higienitas dan kelayakan konsumsi," jelas dia.


(DRI)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

15 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA