Berstatus Default, Fitch Pangkas Peringkat 4 Bank Utama Yunani

Antara    •    Selasa, 30 Jun 2015 08:25 WIB
ekonomi yunani
Berstatus <i>Default</i>, Fitch Pangkas Peringkat 4 Bank Utama Yunani
Ilustrasi Yunani -- Reuters/Alkis Konstantinidis

Metrotvnews.com, Washington: Fitch memangkas peringkat empat bank besar Yunani menjadi default (gagal bayar) terbatas pada Senin.

Pemangkasan ini dilakukan setelah pemerintah memerintahkan bank-bank komersial tutup selama seminggu dan melakukan kontrol modal. Demikian seperti dilansir dari AFP, Selasa (30/6/2015).

Adapun kontrol modal tersebut termasuk pembatasan penarikan oleh para nasabah, sama dengan gagal bayar terbatas karena pembatasan deposito mempengaruhi bagian material dari kewajiban senior bank-bank.

Empat bank yang terkena penurunan peringkat ini semuanya sudah diperingkat CCC atau sangat spekulatif. Mereka adalah National Bank of Greece, Piraeus Bank, Eurobank Ergasias, dan Alpha Bank.

"Peringkat tersebut mencerminkan tingkat risiko kredit yang sangat tinggi, karena pengenaan kontrol modal serta prospek pemulihan buruk dalam hal gagal bayar pada kewajiban utang senior," kata Fitch.

Fitch menurunkan peringkat sementara bank-bank peringkat kelayakan, yang menekan intrinsik kelayakan kredit bank-bank, ke tingkat bawah "f" atau "gagal".

Penurunan peringkat tersebut mencerminkan pandangan Fitch bahwa bank-bank ini telah gagal dan akan gagal bayar setelah kontrol yang belum dikenakan, karena bank-bank tergantung pada Bank Sentral Eropa untuk likuiditas dan ECB pada Minggu memutuskan tidak akan meningkatkan likuiditas karena tindakan pemerintah Yunani.


(AHL)