Pertamina-TNI AD Sinergi Amankan Obyek Vital Nasional

Annisa ayu artanti    •    Selasa, 30 Jun 2015 08:37 WIB
pertamina
Pertamina-TNI AD Sinergi Amankan Obyek Vital Nasional
Kilang Pertamina -- Ilustrasi FOTO: MI/SUSANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: PT Pertamina (Persero) dan TNI menandatangani nota kesepahaman tentang kerja sama pengamanan obyek vitas nasional strategis. Nota kesepahaman ini memperpanjang kerja sama kedua belah pihak sejak 2013.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan antara Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto dan Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko.

"Penandatanganan nota kesepahaman terkait kerja sama ini sudah dilakukan antara Pertamina dan TNI ini sejak 2013. Pertamina dan TNI bersinergi dalam mengamankan aset-aset sektor energi yang berada di dalam pengelolaan Pertamina melalui pendekatan bina teritorial,” ungkap Dwi seperti dalam siaran tertulisnya, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Dwi menjelaskan, kerja sama ini meliputi pengamanan obyek vital nasional strategis melalui pendekatan bina teritorial, yaitu pemberdayaan masyarakat di wilayah pelosok, terpencil, dan miskin.

Lebih lanjut sebagaimana diketahui sebelumnya, Pertamina memiliki aset-aset strategis objek vital nasional, seperti aset-aset hulu migas dan geothermal, kilang-kilang minyak, terminal BBM, hingga SPBU yang digunakan untuk menyalurkan kebutuhan BBM nasional.

"Aset-aset tersebut tersebar di seluruh wilayah nusantara sehingga memerlukan dukungan dari institusi negara, dalam hal ini salah satunya TNI, untuk mengamankan dari kemungkinan adanya gangguan serta ancaman yang berpotensi memberikan dampak serius terhadap ketahanan energi nasional," beber dia.

Sementara itu, Moeldoko menyambut baik perpanjangan nota kesepahaman ini dan berjanji TNI akan melakukan yang terbaik untuk mengamankan aset-aset Pertamina.

"Peran Pertamina sangat penting dan strategis. Alutsista secanggih apapun tidak akan ada artinya bila tidak ada bahan bakar. TNI akan melakukan yang terbaik untuk mengamankan aset strategis Pertamina," kata Moeldoko.


(AHL)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

1 hour Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA