Rupiah Merosot ke Rp13.332/USD

Ade Hapsari Lestarini    •    Selasa, 30 Jun 2015 08:45 WIB
kurs rupiah
Rupiah Merosot ke Rp13.332/USD
Ilustrasi -- FOTO: Antara/Gunawan Wibisono

Metrotvnews.com, Jakarta: Seperti sudah diprediksi sebelumnya, pembukaan perdagangan rupiah pada pagi ini terpantau melemah. Rupiah terseret pelemahan dari luar negeri.

Bloomberg melansir, Selasa (30/6/2015) dibuka melemah ke Rp13.333 per USD. Jika dibandingkan pergerakan sebelumnya, rupiah pagi ini melemah tujuh poin atau setara 0,05 persen.

Senada, berdasarkan data Yahoo Finance, rupiah juga dibuka melemah ke level Rp13.335 per USD. Gerak rupiah ini juga melemah tujuh poin atau setara 0,05 persen.

Samuel Sekuritas melalui hasil risetnya sempat mengatakan rupiah melemah mengikuti penguatan dollar di pasar global seiring dengan kisruh utang di Yunani.

Walaupun secara fundamental pengaruh perekonomian Yunani minimal terhadap Indonesia, dampak jangka pendek dari penyesuaian portfolio global dipastikan masih akan menekan baik rupiah, IHSG serta SUN.

Selain itu, tingginya kepemilikan asing di pasar saham dan obligasi relatif terhadap cadangan devisa yang ada bisa mengancam stabilitas pasar keuangan terutama jika Yunani benar-benar keluar dari Zona Euro.

"Angka inflasi yang datang esok diperkirakan naik sehingga akan menambah sentimen negatif kepada rupiah," ungkap hasil riset tersebut.


(AHL)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

15 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA