Ingin Mudahkan Pencarian Informasi, Google Luncurkan Now Card

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 30 Jun 2015 09:57 WIB
google
Ingin Mudahkan Pencarian Informasi, Google Luncurkan Now Card
Para eksekutif Google dalam acara peluncuran Google Now Card.

Metrotvnews.com, Jakarta: Memasuki minggu kedua bulan puasa, Google menyadari bahwa ada lonjakan dalam pencarian kata kunci tertentu. Karena itulah, untuk memudahkan masyarakat dalam mencari hal-hal tertentu yang berhubungan dengan bulan Ramadan, maka kemarin, Senin (29/6/2015), Google meluncurkan sebuah fitur baru pada Google App. Fitur baru ini disebut sebagai Google Now Card.

Pada dasarnya, Google Now Card ini telah tersedia bahkan sebelum bulan puasa dimulai. Hanya saja, jika sebelumnya Now Card menawarkan informasi mengenai hal-hal umum, seperti cuaca atau kondisi jalan, maka pada bulan puasa ini, Google Indonesia berinisiatif untuk memasukkan informasi-informasi yang paling sering dicari selama bulan puasa, seperti jadwal berbuka, jadwal imsak, restoran terdekat, resep, rekomendasi video dan lain sebagainya.



Peluncuran Google Now Card edisi Ramadan ini pertama kali diluncurkan di Indonesia. Alasan Google melakukan hal ini adalah karena momen Ramadan dirasa sebagai momen paling penting bagi masyarakat Indonesia. Penggunaan Google Now Card dengan tema momen tertentu sendiri telah digunakan sebelumnya di beberapa lain. Di Jepang misalnya, memasuki musim panas, maka Google Now Card akan menyediakan informasi berupa jadwal kembang api.

"Kami sadar bahwa Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi banyak perusahaan, terutama Google. Kami memilih untuk meluncurkan Google Now Card edisi Ramadan untuk pertama kalinya di Indonesia karena Indonesia adalah negara dengan komunitas muslim terbesar di Indonesia," kata Veronica Utami, Head of Marketing Google Indonesia.

Veronica juga menjelaskan bahwa perbedaan antara Google Now Card dan pencarian Google biasa adalah dengan Now Card, masyarakat tidak perlu lagi melakukan pencarian, informasi yang dirasa banyak dicari akan secara otomatis ada dalam Google App di smartphone mereka. 

"Dengan Google Now Card ini, kami harap dapat memberikan pengalaman yang lebih baik pada para netizen yang telah menggunakan Google App," kata Veronica.

Dia berharap masyarakat lebih mengenal Google App dengan berbagai fitur yang ada di dalamnya, salah satunya perintah suara OK Google, yang sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.


(ABE)