Menkeu: Pembangkit Listrik Proyek Pertama yang Didanai AIIB

Antara    •    Selasa, 30 Jun 2015 10:42 WIB
bank infrastruktur
Menkeu: Pembangkit Listrik Proyek Pertama yang Didanai AIIB
Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (MI/ROMMY PUJIANTO)

Metrotvnews.com, Beijing: Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengatakan pembangkit listrik dan infrastruktur maritim menjadi proyek pertama yang akan didanai Bank Investasi Infrastruktur Asia (AIIB), setelah lembaga keuangan multilateral itu beroperasi penuh pada akhir 2015 atau awal 2016.

"Proyek yang akan kita lakukan dengan dana AIIB adalah pembangkit listrik dan infrastruktur maritim seperti pelabuhan," ungkap Bambang, di Beijing, Senin (29/6/2015) malam, usai menandatangani pendirian AIIB dan melakukan serangkaian pertemuan bilateral.

Bambang mengemukakan, kemungkinan juga akan ada proyek lain yang dibangun, karena kebutuhan Indonesia sangat banyak dan sudah diidentifikasi. "Jadi, memang untuk mempercepat pembangunan infrastruktur dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, sangat perlu segera direalisasikan," ungkap Bambang.

Sebagaimana diketahui, Indonesia, bersama 56 negara pendiri AIIB pimpinan Tiongkok, menandatangani pasal-pasal mengenai asosiasi pendirian lembaga baru itu, di Balai Agung Rakyat, Beijing. Inisiatif pembentukan AIIB disampaikan Presiden Tiongkok Xi Jinping, pada Pertemuan Tingkat Pemimpin Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Bali, Indonesia, pada Oktober 2013.

AIIB merupakan Bank Pembangunan Multilateral yang dirancang untuk memberikan dukungan pembiayaan bagi pembangunan infrastruktur di Asia, baik kepada institusi pemerintah maupun swasta. Modal yang ditanamkan Indonesia dalam AIIB sebesar USD672,1 juta yang dibayarkan dalam lima tahun, atau menempati urutan pemodal terbesar kedelapan di AIIB.

Modal awal AIIB direncanakan sebesar USD100 miliar dengan modal disetor tunai (paid-in-capital) sebesar 20 persennya. AIIB diharapkan dapat memasuki entry into force pada Desember 2015 dan mulai beroperasi pada awal 2016.


(ABD)

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

Miryam Akui Mengarang Isi BAP Perkara KTP-el

9 hours Ago

Politikus Hanura Miryam S Haryani mengaku mencabut seluruh isi Berita Acara Pemeriksaan (BAP) d…

BERITA LAINNYA