Bang Yos Siap Jelaskan Kasus Kudatuli di Hadapan DPR

Surya Perkasa    •    Selasa, 30 Jun 2015 10:51 WIB
bin
Bang Yos Siap Jelaskan Kasus Kudatuli di Hadapan DPR
Calon Kepala BIN Sutiyoso--Metrotvnews.com/Surya Perkasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso siap diuji oleh Komisi I DPR. Purnawirawan Jenderal TNI ini menyatakan siap menjelaskan seputar kerusuhan 27 Juli 1996.

"Nanti saya jelaskan," tegas Sutiyoso di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Pria yang akrab disapa bang Yos itu mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi fit and proper test hari ini. Selain siap dicecar bermacam permasalahan seputar rekam jejaknya di militer, Bang Yos juga percaya diri memaparkan visi misinya.

"Biasa saja lah. Kan kita mengantisipasi kira-kira apa yang ditanyakan. Saya sudah siap menyampaikan visi misi BIN ya," ujarnya.

Penunjukan Sutiyoso sebagai Kepala BIN memang banyak menimbulkan pro-kontra. Salah satu yang sering dikaitkan dengan Sutiyoso adalah peristiwa Kerusuhan 27 Juli 1996, atau yang lebih dikenal dengan peristiwa Kudatuli.

Penanganan kerusuhan disebut-sebut melibatkan TNI. Kasus penculikan aktivis dan penyerangan ke kantor DPP PDIP Menteng. Puluhan luka-luka dalam kerusuhan, dan beberapa orang kehilangan nyawa.

Saat itu Sutiyoso bertugas sebagai Panglima Daerah Militer Jaya. Sutiyoso sendiri pernah menjabat sebagai Wakil Komandan Jenderal Kopassus dan lama berada di satuan intelijen Sandi Yudha.


(YDH)