Komisi I Ingin Sutiyoso Jawab Keraguan Publik

Surya Perkasa    •    Selasa, 30 Jun 2015 11:02 WIB
bin
Komisi I Ingin Sutiyoso Jawab Keraguan Publik
Calon Kepala BIN Sutiyoso--MI/Galih Pradipta

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari ini calon Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso diuji oleh Komisi I DPR. Banyak hal akan ditanyakan ke purnawirawan Jenderal TNI ini.

"Meminta penjelasan Pak Sutiyoso berbagai macam hal-hal selama ini diragukan, misal soal dugaan kasus HAM dan sebagainya," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais, Selasa (30/6/2015).

Hanafi mengatakan, permasalahan di era 98 dapat dipahami secara hukum. Namun, perlu ada penjelasan dan penegasan dari orangnya langsung untuk menjawab kritikan publik. "Secara hukum kita cari informasi itu sudah selesai. Tapi kita ingin beri kesempatan Sutiyoso sebagai primer jawab keraguan publik," kata Politikus PAN itu.

"Saya kira fit and proper test itu kesempatan baik bagi Sutiyoso untuk koreksi, jadi mumpung sebagai sumber primer manfaatkan sebaiknya. Karena isu ini krusial," tambah dia.

Penunjukan Sutiyoso sebagai Kepala BIN memang banyak menimbulkan pro-kontra. Salah satu yang sering dikaitkan dengan Sutiyoso adalah peristiwa Kerusuhan 27 Juli 1996, atau yang lebih dikenal dengan peristiwa Kudatuli.

Penanganan kerusuhan disebut-sebut melibatkan TNI. Kasus penculikan aktivis dan penyerangan ke kantor DPP PDIP Menteng. Saat itu Sutiyoso bertugas sebagai Panglima Daerah Militer Jaya.


(YDH)