Sejumlah Orang yang Terlibat Pembantaian di Tunisia Ditangkap

Willy Haryono    •    Selasa, 30 Jun 2015 11:06 WIB
penembakan brutal
Sejumlah Orang yang Terlibat Pembantaian di Tunisia Ditangkap
Lubang bekas peluru aksi teror penembakan massal di kawasan resor pantai Port el Kantaoui, Tunisia, yang terjadi pada 26 Juni 2015. AFP / KENZO TRIBOUILLARD

Metrotvnews.com, Tunis: Untuk kali pertama sejak penembakan massal di kawasan resor Port el Kantaoui pada Jumat kemarin, otoritas Tunisia menangkap sejumlah orang yang diduga kuat terlibat. 

"Petugas menangkap sejumlah orang dalam jumlah signifikan dari jaringan di balik serangan teroris," ucap Menteri Dalam Negeri Tunisia Najem Gharsalli. 

"Saya berjanji kepada para korban. Kumpulan kriminal ini akan diseret ke hadapan hukum agar mendapat hukuman setimpal," tambah dia, seperti dilansir AFP, Senin (29/6/2015). 

Polisi telah mengidentifikasi pelaku pembantaian sebagai Seifeddine Rezgui, pria 23 tahun yang menembakkan senapan Kalashnikov dan menewaskan 38 turis asing. Rezgui tewas ditembak petugas. 

Serangan mematikan ini diklaim kelompok militan Islamic State (ISIS). Dari 38 korban tewas, 15 hingga 30 di antaranya adalah warga Inggris.

Menteri Dalam Negeri Inggris Theresa May yang mengunjungi lokasi bertekad "mengalahkan siapapun yang berusaha meruntuhkan kebebasan dan demokrasi" dan juga bersumpah bahwa "teroris tidak akan pernah bisa menang."

Pembantaian ini merupakan yang terburuk menimpa warga Inggris sejak pemboman di sistem transportasi London pada 2005. 

Sementara bagi Tunisia, serangan kedua terhadap turis asing sepanjang tahun ini memicu gelombang kepulangan massal para wisatawan. 



(WIL)