Tambah Pasokan, Mentan Panen Bawang Merah di Cirebon

Husen Miftahudin    •    Selasa, 30 Jun 2015 11:21 WIB
kementan ads
Tambah Pasokan, Mentan Panen Bawang Merah di Cirebon
Mentan Amran saat melakukan panen bawang di Cirebon (tengah) (Foto: MTVN/Husen Miftahudin)

Metrotvnews.com, Cirebon: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman melakukan panen bawang merah di Desa Jati Se'eng, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Panen tersebut dilakukan untuk hamparan seluas 10 hektare (ha) dari total lahan sebanyak 20 ha.

Pantauan Metrotvnews.com, Mentan Amran tiba di lokasi panen bawang merah pada pukul 08.30 WIB. Ditemani Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron, Bupati Cirebon Sunjaya Purwadi, dan Danrem 063 Sutjipto, serta Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jawa Barat Diden Trisnandi, Amran langsung melakukan panen bawang merah.

Amran menjelaskan, luas lahan panen tersebut memproduksi bawang merah sebanyak 130 ton. Kondisi tersebut jelas menambah pasokan bawang merah nasional.

"Ini menambah produksi bawang nasional. Kemarin, dari lima daerah sentra produksi bawang sudah ada produksi bawang mencapai 200 ribu ton lebih," ujar Amran, saat panen bawang merah di Desa Jati Se'eng, Cirebon, Selasa (30/6/2015).

Ia mengaku, jumlah produksi bawang merah itu jelas telah memenuhi kebutuhan nasional. Bahkan untuk bulan ini saja, produksi bawang merah telah melebihi kebutuhan bawang merah nasional. "Itu sudah melebihi kebutuhan nasional kita yang setiap bulannya 90-100 ribu ton," pungkas Amran.


(ABD)