Perusahaan Semakin Sadar Pentingnya Media Sosial

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 30 Jun 2015 12:39 WIB
media sosial
Perusahaan Semakin Sadar Pentingnya Media Sosial
Saat peresmian Social Media Command Centre.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tidak bisa dimungkiri, sekarang ini, media sosial telah menjadi salah satu media komunikasi yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Semakin banyak juga masyarakat Indonesia yang melek internet. Berdasarkan informasi yang didapat dari APJII, pada akhir tahun 2014 lalu, pengguna internet di Indonesia telah mencapai angka 88,1 juta, yang berarti 34,9 persen dari populasi Indonesia.

Media sosial tidak hanya dapat digunakan sebagai sarana komunikasi, tetapi juga sebagai tempat untuk mengumpulkan data. Melalui media sosial, para pelaku bisnis dapat mengetahui tren perbincangan di tengah-tengah masyarakat dan memastikan produk yang mereka jual sesuai dengan kebutuhan yang masyarakat. Dan tampaknya, kini perusahaan-perusahaan Indonesia semakin sadar bahwa media sosial memiliki peran penting untuk mengembangkan bisnisnya.

Hal ini terbukti saat AXA meresmikan Social Media Command Centre (SMCC) beberapa waktu lalu. SMCC ini merupakan pusat pengolahan informasi digital pertama yang dimiliki perusahaan yang bergerak di bidang asuransi di Indonesia. Untuk membangun SMCC ini, AXA rela mengeluarkan dana sebesar USD200,000 (Rp2,7 M).

"Kami harap dengan lebih fokus pada media sosial, kami dapat berkomunikasi dengan nasabah dengan lebih mudah dan meningkatkan kualitas layanan kami," kata Randy Lianggara, Country CEO AXA Indonesia.

Sementara itu, Emmanuel Wehry, Chief Marketing Officer AXA Indonesia menjelaskan bahwa tujuan utama SMCC ini adalah untuk meningkatkan penjualan produk AXA, terutama melalui jalur online. SMCC juga dapat digunakan untuk memperhatikan percakapan yang terjadi di media sosial sehingga AXA akan dapat menganalisis tren industri asuransi dari data yang dikumpulkan. Selain itu, SMCC ini juga dilengkapi dengan studio mini untuk membuat berbagai konten seperti video, audio ataupun konten web.

"Kami akan membuat konten yang sesuai dengan minat dan keperluan nasabah, dengan begitu, kami harap angka penjualan kami akan meningkat," kata Emmanuel.

Kartono, Director of Operations AXA Mandiri Financial Services, mengatakan bahwa pihak AXA juga ingin menggunakan SMCC untuk mensosialisasikan program literasi keuangan. 


(ABE)

Nasib Praperadilan Novanto

Nasib Praperadilan Novanto

1 hour Ago

Secara materil gugatan praperadilan Novanto gugur sebagaimana disebutkan dalam Pasal 82 Ayat 1 …

BERITA LAINNYA