BPBD Mojokerto Bersiap Kirim Anggota Bantu Warga Sekitar Gunung Raung

Nurul Hidayat    •    Selasa, 30 Jun 2015 11:30 WIB
gunung raung
BPBD Mojokerto Bersiap Kirim Anggota Bantu Warga Sekitar Gunung Raung
Asap putih mengepul di Gunung Raung, Metrotv/ Mamang Pratidina

Metrotvnews.com, Mojokerto: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, ikut bersiaga terkait aktivitas Gunung Raung di Bondowoso. Meski tak termasuk wilayah terdampak, BPBD menyiapkan anggotanya untuk memberikan bantuan kepada warga Bondowoso.

"Kami mengikuti terus perkembangan Gunung Raung lewat Pusdalops BPBD Provinsi. Saat ini BNPB, BPBD Provinsi, dan BPBD kabupaten Bondowoso, Lumajang, Jember dan Banyuwangi tengah berkoordinasi, Insya'allah kami sewaktu-waktu siap jika keadaan darurat yang memungkinkan kita untuk turun bergeser kesana," ujar Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto, Senin (29/6/2015).

Gunung Raung mengalami peningkatan aktivitas pada 24 Juni lalu. Pada Senin pagi, PVMBG menyatakan status Gunung Raung meningkat dari Waspada menjadi Siaga. Warga pun diminta menjauhi Gunung Raung dari radius 3 Km.

Sementara itu, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif meminta jajaran BNPB berkoordinasi dengan BPBD Jawa Timur dan BPBD kabupaten di sekitar Gunung Raung, yaitu Bondowoso, Banyuwangi, Lumajang dan Jember. Koordinasi itu untuk mengantisipasi dampak buruk terkait erupsi Gunung Raung.
 


(RRN)