BI: Kinerja Perbankan Syariah Sumsel Melambat

Antara    •    Selasa, 30 Jun 2015 11:39 WIB
bank indonesia
BI: Kinerja Perbankan Syariah Sumsel Melambat
BI (FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)

Metrotvnews.com, Palembang: Kinerja perbankan syariah di Sumatera Selatan (Sumsel) sejak awal tahun masih mengalami perlambatan berdasarkan capaian dana pihak ketiga (DPK), realisasi penyaluran pembiayaan, dan pertumbuhan aset.

Kepala Bank Indonesia (BI) Wilayah VII Sumatera bagian Selatan Hamid Ponco Wibowo mengatakan, keadaan ini secara umum terjadi dikarenakan perbankan syariah belum menjadi pilihan masyarakat.

"Sebagian besar masyarakat masih lebih dekat dengan bank konvensional. Disinilah pentingnya edukasi bahwa sebenarnya perbankan syariah itu memiliki nilai tambah yakni lebih syariah," kata dia, di Palembang, Selasa (30/6/2015).

Ia mengemukakan, berdasarkan data BI diketahui bahwa jumlah DPK pada kuartal I-2015 hanya tumbuh 1,2 persen yakni Rp3,73 triliun karena dipengaruhi rendahnya realisasi pembiayaan yang terdata mengalami penurunan 10 persen yakni hanya mencapai Rp3,76 triliun. Lantaran ini pula, Hamid menambahkan, membuat aset perbankan syariah juga turun 1,1 persen menjadi Rp5,44 triliun.

"Perlu upaya percepatan dari berbagai kalangan untuk mengedukasi masyarakat mengenai perbankan syariah ini, bukan dari kalangan perbankan saja tapi juga pemerintah. Ke depan, BI akan lebih gencar menggandeng pemerintah untuk mempromosikannya," pungkas Hamid.


(ABD)