Daging Tanpa Label Kedaluwarsa Ditemukan di Pasar Modern

Kuntoro Tayubi    •    Selasa, 30 Jun 2015 12:07 WIB
ramadan 2015
Daging Tanpa Label Kedaluwarsa Ditemukan di Pasar Modern
Foto: Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno saat sidak di Hypermart Pasific Mall, Tegal, Jawa Tengah/MTVN_Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Tegal: Wali Kota Tegal Siti Masitha Soeparno inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional dan swalayan jelang Idul Fitri. Dalam sidak itu ditemukan daging yang dikemas tanpa label kedaluwarsa.

"Pada hari ini kita melakukan monitoring perbedaan harga pasar tradisonal dan modern. Ternyata harga hampir sama dan belum ada lonjakan. Tapi nanti H-7 saya akan kembali sidak lagi," kata Siti Mashito Suparno saat sidak di pasar modern Hypermart Pasific Mall, Tegal, Jawa Tengah, Senin (29/6/2015).

Selain memantau harga, wanita yang akrab disapa Bunda Sitha itu memeriksa sejumlah bahan makanan yang dijual. Ia menemukan daging yang dikemas tanpa label kedaluwarsa. Selain itu ada ikan yang dikemas dan diberi label kedaluwarsa hingga tiga bulan.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk teliti membeli bahan makanan. Jangan mudah tergiur dengan harga promo yang ditawarkan tanpa memeriksa kelayakan bahan makanan itu.

"Saya yakin nanti pihak manajemen akan menarik dan memberi label kedaluwarsa. Supaya masyarakat tahu barang tersebut layak dikonsumsi atau tidak nantinya," ujarnya.

Manajer Pasifik Mall, Tri Budi Sugaryono mengaku pihaknya akan lebih teliti dalam memeriksa barang-barang atau bahan makanan yang akan dijual. Pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan terkait temuan daging dan ikan itu.

"Kita akan lakukan pembinaan atas temuan barang-barang tanpa label kedaluwarsa. Akan menjadi pembelajaran buat kami atas kasus-kasus tersebut. Seperti bu Wali Kota bilang ada ikan bisa bertahan hingga 3 bulan itu dasar yang dipakai apa," kata Tri.


(TTD)