Kamis, Hasil Uji Calon Hakim Agung Diumumkan

Anggitondi Martaon    •    Selasa, 30 Jun 2015 12:17 WIB
hakim agung
Kamis, Hasil Uji Calon Hakim Agung Diumumkan

Metrotvnews.com, Jakarta: Tahapan uji kepatutan dan kelayakan calon hakim agung telah Komisi III DPR laksanakan. Hasilnya akan diumumkan setelah rapat pleno.

"Rencananya akan diumumkan Kamis," ungkap anggota Komisi III DPR, Asrul Sani, di Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Tiga orang hakim yang sudah DPR uji sebagai calon hakim agung pada Senin (29/6/2015). Mereka adalah Wahidin (hakim tinggi Pengadilan Tinggi Jawa Barat), Maria Anna Samiyati (Kepala Pengadilan Tinggi Sulawesi Barat) dan Yusran (Hakim Tinggi PTUN Surabaya).

Sedangkan calon atas nama Sunarto, hari ini jalani uji kepatutan dan kelayan. Siapa di antara para calon yang lulus memuaskan, akan diputuskan dalam rapat pleno Kamis lusa. 

Keputusannya akan diserahkan kepada pimpinan DPR untuk disampaikan kepada Presiden Jokowi selaku Kepala Negara. "Keputusan final dari komisi III harus musyawarah dan mufakat ya tentu kurang pas kita berkomentar perorangan calon ini pantas atau tidak," ujar Asrul.

Menurutnya semua calon yang sudah diuji memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dia mencontohkan Maria Anna Samyati yang dinilainya kurang mampu dalam komunikasi verbal.

"Kemampuan menjelaskan secara verbal kurang. Tapi saya tidak mengatakan beliau tidak pintar. Kita kan juga lihat papernya dan segala macam," papar Asni.

 


(LHE)