Buang Sampah Sembarangan, Warga Depok Terancam Denda Rp25 Juta

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 30 Jun 2015 12:38 WIB
sampah
Buang Sampah Sembarangan, Warga Depok Terancam Denda Rp25 Juta
Kasubag Umum Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, Imam Panuju. (Foto: FIkar)

Metrotvnews.com, Jakarta: Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, akan menindak tegas warga yang membuang sampah sembarangan dengan denda Rp25 juta. Tindakan ini dilakukan agar tak ada lagi tumpukan sampah di wilayah Depok, terutama daerah bantaran kali.
 
Kasubag Umum Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, Imam Panuju mengatakan, berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Depok Nomor 16 Tahun 2012 Pasal 10 tentang Larangan Buang Sampah Sembarangan dan Perda Nomor 10 Tahun 2012 Pasal 29, warga yang buang sampah sembarangan terancam pidana tiga bulan atau denda Rp25 juta.
 
"Kami akan berikan peringatan dengan spanduk. Tapi kalau tidak patuh, akan kami berikan sanksi tegas," kata Imam kepada Metrotvnews.comdi di Kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan, Jalan Raya Bogor, Depok, Jawa Barat, Selasa (30/6/2015).
 
Imam mengatakan, pihaknya tetap mengedepankan tindakan preventif dengan melakukan sosialisasi agar warga tidak membuang sampah sembarangan. Namun, jika tidak diindahkan sanksi akan diterapkan secara bertahap.
 
"Jadi untuk sosialisasi perdana mereka yang tertangkap dikenai denda Rp100 ribu. Mengulang lagi naik, mengulang lagi naik dan seterusnya," ujar dia.
 
Ia mengaku telah memiliki nama warga yang suka membuang sampah sembarangan. Dengan sanksi tersebut, ia yakin warga akan kapok.
 
"Kami sudah punya catatannya (siapa saja) yang berulang membuang sampah sembarangan. Nanti ada catatan di Satpol PP. Pasti akan jera," kata dia.


(FZN)