Survei Mobil

Toyota Camry Layak Sandang Status sebagai Mobil Amerika

Ainto Harry Budiawan    •    Rabu, 01 Jul 2015 06:30 WIB
industri otomotif
Toyota Camry Layak Sandang Status sebagai Mobil Amerika
Toyota Camry lebih kental darah Amerikanya. Car and Driver

Metrotvnews.com: Dalam dunia otomotif, kalimat Made In America sangat kental dengan produk-produk kendaraan keluaran negeri Paman Sam. Sebut Saja Chrysler, Ford, hingga Chevrolet. Tapi kedigdayaan merek-merek asli Amerika itu mulai luntur, bahkan dianggap tak layak lagi menyandang status mobil Amerika.

Cars.com merilis hasil survei American Made Index (AMI) dari mobil yang digunakan masyarakat Amerika. Untuk diikutkan survei ini, mobil tersebut haruslah mengandung 75 persen lokal konten, dimana kendaraan itu dibuat, dan berapa persen kendaraan itu terjual.

Hasilnya sangat mengejutkan, karena justru Toyota Camry yang layak menyandang status sebagai mobilnya orang Amerika. Kejutan kedua adalah Ford tidak lagi termasuk dalam daftar AMI. Kejutan ketiga, sepuluh tahun lalu masih ada 29 mobil yang termasuk dalam daftar AMI, sekarang hanya tujuh.

"Toyota kini semakin Amerika, kami mengoperasikan sepuluh pabrik di Amerika, merakit lebih dari dua juta kendaraan di sini dan 71 persen penjualan kami adalah kendaraan yang dirakit di Amerika," beber Bill Fay, GM Toyota Motor Sales Amerika.

Bukti paling nyata lainnya adalah Toyota Camry juga semakin menancapkan performanya di ajang balap khas Amerika yaitu NASCAR Sprint Cup. Meski masih kalah performa dari para pembalap tim Chevrolet dan Ford, setidaknya musim ini Kyle Busch, Carl Edwards dan pembalap Toyota lainnya mampu memberikan perlawanan dan meraih kemenangan di beberapa seri musim ini.

Berikut list kendaraan yang termasuk dalam AMI 2015:
*Toyota Camry
*Toyota Sienna
*Chevrolet Traverse
*Honda Oddysey
*GMC Acadia
*Buick Enclave
*Chevrolet Corvette


(UDA)