Samsung Berencana Luncurkan Beberapa Smartphone Berbasis Tizen

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 30 Jun 2015 14:05 WIB
samsung
Samsung Berencana Luncurkan Beberapa Smartphone Berbasis Tizen
Tizen Z1 berhasil terjual sebanyak 1 juta unit di India.

Metrotvnews.com: Pada 6 bulan pertama setelah Samsung meluncurkan Z1 - ponsel berbasis Tizen, OS buatan Samsung sendiri - mereka berhasil menjual 1 juta ponsel ini di India. Sekilas, angka tersebut terlihat banyak, walau sebenarnya, terhitung rendah.

Berdasarkan data dari The Economic Times, di India, ponsel dengan harga USD100 dapat terjual sebanyak 2,8 juta tiap bulan. Dan hal ini berarti ponsel dengan OS Tizen ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan pesaingnya yang menggunakan OS Android.

Meskipun begitu, tampaknya Samsung menolak untuk menyerah mengembangkan ponsel berbasis Tizen.

Kemarin, Senin (29/6/2015), Reuters melaporkan bahwa Samsung berencana untuk meluncurkan beberapa ponsel berbasis Tizen di tahun ini. Harga yang ditawarkan pun akan lebih beragam. Dan hal ini dapat menjadi langkah pertama Samsung untuk mengembangkan smartphone kelas menengah berbasis Tizen sebelum membuat ponsel premium dengan Tizen sebagai OS-nya.

Satu masalah terbesar Samsung saat meluncurkan ponsel berbasis Tizen adalah masalah waktu. Misalnya saja, sebelum mereka meluncurkan Tizen di awal tahun ini, mereka telah menunda peluncuran selama hampir 2 tahun. Dan dalam rentang waktu tersebut, terdapat jutaan orang yang akhirnya lebih memilih untuk membeli smartphone berbasis Android dari Google atau iOS dari Apple.

Masalah lain adalah sedikitnya aplikasi untuk OS Tizen saat ini. Sementara iOS dan Android telah memiliki jutaan aplikasi, Tizen hanya memiliki sedikit aplikasi. Masalah ini timbul karena pada awalnya, aplikasi untuk Tizen hanya tersedia di 2 negara.

Untungnya, di bulan April lalu, Samsung akhirnya memutuskan untuk memperluas jangkauan Tizen App Store ke 182 negara dengan harapan jumlah aplikasi akan bertambah. (ZDNet)


(ABE)