Kemenlu: Sudah Ada Permintaan Maaf dari Sabah Aerospace ke KJRI

Fajar Nugraha    •    Selasa, 30 Jun 2015 13:20 WIB
indonesia-malaysia
Kemenlu: Sudah Ada Permintaan Maaf dari Sabah Aerospace ke KJRI
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir (Foto: MTVN/Willy)

Metrotvnews.com, Jakarta: Insiden pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh helikopter Malaysia, berbuntut pemanggilan Wakil Dubes Malaysia untuk Indonesia oleh Kementerian Luar Negeri RI. Sudah ada permintaan maaf mengenai kasus ini.

Di dalam helikopter tersebut diketahui ditumpangi oleh Menteri Dalam Negeri Malaysia Ahmad Zahid Hamidi. Zahid diketahui tengah dalam perjalanan kunjungan kerja.

"Mereka (pihak Malaysia) mengatakan sudah ada permintaan maaf dari pihak Sabah Aerospace ke KJRI kita yang ada di Kinabalu," ujar ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir, kepada awak media, di Jakarta, Selasa (30/6/2015).

"Menurut mereka yang terjadi adalah helipad mereka berdekatan dengan helipad yang ada di Indonesia. Jadi itu kan di perbatasan berdekatan dengan helipad itu ada helipadnya mereka," sebut Arrmanatha.

"Namun pada saat mereka mau mendarat di situ (helipad) tidak kelihatan karena ada genangan air. Mereka melihat ada helipad satu lagi mereka pikir itu helipadnya mereka begitu mau mendarat itu bukan helipad mereka itu wilayah Indonesia," imbuh pria yang akrab disapa Tata itu.

Arrmanatha menambahkan, helikopter itu langsung lepas landas saat mengetahui kesalahannya. Mesin dari helikopter itu bahkan belum saat mereka salah mendarat.

Itu sebabnya helikopter Malaysia itu naik lagi. Mereka sadar itu bukan helipad yang dimiliki oleh Negeri Jiran.

Helikopter itu masuk ke perbatasan Indonesia di Sebatik Tengah, Nunukan, Kalimantan Utara, pada Minggu 28 Juni 2015. Insiden ini menambahkan rangkaian pelanggaran batas wilayah yang dilakukan Malaysia.
 


(FJR)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA