Pesawat Hercules Jatuh

TB Hasanunddin: Hercules Jatuh Karena Sudah Uzur

Al Abrar    •    Selasa, 30 Jun 2015 15:21 WIB
hercules jatuh di medan
TB Hasanunddin: Hercules Jatuh Karena Sudah Uzur
Pesawat Hercules berjalan di runway Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis 30 Maret 2015. Foto: Antara/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengungkapkan, pesawat Hercules A1310 tipe C-130 yang jatuh di Medan karena sudah tua.

"Hercules yang jatuh, kami cek itu Hercules yang lama. Memang sudah tua atau uzur, seharusnya enggak layak pakai karena produk tahun 60-an," kata TB Hasanuddin yang juga berpangkat Mayjen (Purn) di komplek Parlemen, Senyan, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Meski ada pemeliharaan rutin, bagi anggota Fraksi PDI Perjuangan ini, pesawat mempunyai usia tertentu. Kalau sudah terlampaui tak bisa dipakai lagi.

Karena itu, Komisi I DPR menyarankan agar pemerintah membeli pesawat baru daripada menerima hibah dari negara lain.

"Kita menyarankan untuk membeli pesawat seperti itu menggantinya dengan yang lebih baru. Enggak perlu menerima hibah-hibah yang kemudian kita membayarnya dengan cukup mahal. Beli saja yang baru, kalau hibah dapat 10, yang baru 6. Pilih 6DC aja," jelasnya.

Pesawat Hercules C-130 tipe A1310 yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, diketahui produksi 1964. Hal itu diungkap Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna.

"Pesawat buatan 1964," kata Agus saat dihubungi, Selasa (30/6/2015).

Hercules milik TNI AU yang sedang menjalankan operasi penerbangan angkutan udara militer itu jatuh pada pukul 11.48 WIB. Ketika itu pesawat baru tinggal landas dari Lanud Soewondo Medan ke Tanjung Pinang dan Kepulauan Natuna.

Ada dugaan pesawat mengalami kerusakan karena Pilot Capt. Penerbang Sandy Permana sempat meminta izin untuk kembali ke Lanud Soewondo.


(MBM)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA