Rossi Menang di Assen karena Cerdik Manfaatkan Situasi

Achmad Firdaus    •    Selasa, 30 Jun 2015 16:21 WIB
motogp 2015
Rossi Menang di Assen karena Cerdik Manfaatkan Situasi
Rossi melebar ke gravel usai senggolan dengan Marquez di GP Assen (Foto: Crash)

Metrotvnews.com, Bormes Les Mimosas: Berbeda dengan rekan setimnya, Pol Espargaro yang membela Valentino Rossi terkait insiden senggolan dengan Marc Marquez, pembalap Monster Yamaha Tech 3, Bradley Smith menilai, Rossi tidak sepenuhnya tidak bersalah dalam insiden tersebut.

(BACA: Diwarnai Insiden Senggolan dengan Marquez, Rossi Juara di Assen)

Smith menilai, ada kemungkinan Rossi memang sudah memperhitungkan dengan matang situasi saat itu sehingga ia memaksakan diri di tikungan terakhir Sirkuit Assen.

(BACA JUGA: Pengawas Balapan Nyatakan Kemenangan Rossi Sah)

"Valentino memanfaatkan situasi dengan sempurna untuk keuntungannya. Dia sengaja membuat Marc menyenggolnya sehingga ia terlempar ke gravel dan tak ada yang bisa berkata apapun. Itulah yang terjadi," ujar Smith.

"Bagaimanapun, faktor pengalaman memainkan peran dalam insiden tersebut. Itulah yang dilakukannya. Dia memperhitungkannya dengan sempurna. Jadi, ketika Marquez coba masuk (dari sisi dalam), ia menutup celah dan membuat terjadinya senggolan. Anda pun tak bisa berkata apa-apa karena Rossi mengatakan 'Saya keluar jalur karena Marc menyenggol saya, lagipula saya berada di depan dia saat masuk tikungan, jadi, secara teknis saya tidak mendapat keuntungan apapun," tandasnya.

Terlepas dari polemik siapa yang benar dan siapa yang salah atas insiden ini, pengawas balapan sudah mengambil keputusan. Mereka menilai kejadian tersebut hanya insiden balapan biasa sehingga tidak ada pembalap yang disalahkan. (Crash)


(ACF)