Cerita Kodok Hijau Ahok di Meja Makan Megawati

M Rodhi Aulia    •    Selasa, 30 Jun 2015 16:26 WIB
ahok
Cerita Kodok Hijau Ahok di Meja Makan Megawati
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama berbincang dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. (Foto:MI/Panca)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sudah banyak cara Basuki Tjahaja Purnama mengusir nyamuk yang betah di kediaman dinasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Namun semua cara yang digunakanm nyaris tidak ampuh untuk mengusir nyamuk tersebut.
 
Pria yang akrab disapa Ahok itu akhirnya mendapatkan jawaban saat bertandang ke rumah pribadi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
 
"Semalam saya makan-makan sama Bu Mega. Saya heran kenapa rumah ibu enggak ada nyamuk? Tapi rumah dinas saya, banyak nyamuknya," kata Ahok saat peluncuran Open Data DKI Jakarta atau HackJack2015 di Balai Agung, Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (30/6/2015).
 
Mendengar curhatan Ahok, Mega membuka rahasianya. Mantan Presiden RI ini rajin menyemprot ruangan dan menaruh bunga-bunga di berbagai sudut ruangan rumah. Dalam pot bunga terdapat ikan kecil yang dibeli dari Menteng. Ikan itu dianggap ampuh memakan telur-telur nyamuk.
 
"Saya bilang, saya juga sudah begitu. Saya setiap hari semprot dan taruh ikan, biar makan nyamuk. Tetapi enggak berhasil juga," ujaranya.
 
Mega pun membuka rahasia lainnya. Yaitu, menaruh sejumlah kodok ijo (katak hijau) di kolam dekat rumah. Kata Ahok, kodok ijo ampuh meredam nyamuk. Dengan lidah panjang yang menjulur, kodok ijo dapat menangkap nyamuk yang sedang terbang.
 
Cerita makan malam Ahok dengan Megawati itu dijadikannya sebagai contoh tentang pentingnya duduk bersama. Ia meminta semua orang yang memiliki masalah untuk duduk bersama, melakukan brainstorming.
 
Diharapkan dari sana muncul ide-ide kreatif yang awalnya tidak pernah terlintas di benak. "Maksud saya apa, kalau kita cerita terbuka dengan orang, mungkin ada orang yang bisa memberikan informasi yang baik," ungkap dia.


(FZN)