Penilaian DPR ke Sutiyoso Positif

Surya Perkasa    •    Selasa, 30 Jun 2015 16:45 WIB
bin
Penilaian DPR ke Sutiyoso Positif
Sutiyoso jalani uji kelayakan dan kepatutan----Ant/Agung Rajasa

Metrotvnews.com, Jakarta: Uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kepala Badan Intelijen Negara Sutiyoso berlangsung, hari ini. Penilaian Komisi I DPR kepada mantan Wakil Komandan Jenderal Kopassus yang lama bertugas di satuan intelijen Sandi Yudha ini juga cukup positif.

"Pak Yos so far so good. Punya pengetahuan komprehensif, terutama soal hal-hal yang terkait tantangan kontemporer itu yang selama ini belum muncul," kata Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (30/6/2015).

Sutiyoso dirasakan cukup bisa diandalkan dalam memimpin BIN ke depan. Hal ini pun dapat dilihat dari pemaparan visi, misi, dan program. Hanafi menilai, sebagian besar sudah setuju dengan penunjukan Sutiyoso ini.

"Kemungkinan besar (setuju). Tergantung jawaban Pak Sutiyoso sekarang, tapi tidak ada hal yang perlu dirisaukan dari Pak Sutiyoso," kata politikus PAN ini.

Hal senada juga dilayangkan PDIP yang memiliki "permasalahan" dengan Sutiyoso. PDIP menyatakan visi, misi, dan program Sutiyoso sangat baik dan jelas.

"Misalnya penambahan aparat intelijen 1.000 orang dan alat-alat intelijen yang canggih," kata anggota Komisi I DPR F-PDIP TB Hasanudin.

Bahkan politikus senior PDIP Pramono Anung yakin Sutiyoso akan disetujui seluruh fraksi. "Tdak ada pertanyaan kontradiktif yang tajam visi dan misi yang disiapkan Pak Sutiyoso. Jadi, saya yakin Pak Sutiyoso akan dipilih secara aklamasi," yakin dia.


(TII)