Jangan Patah Hati, Putus Cinta Ternyata Ada Manfaatnya

Adi Waluyo    •    Selasa, 30 Jun 2015 16:58 WIB
romansa
Jangan Patah Hati, Putus Cinta Ternyata Ada Manfaatnya
Foto: 4shared

Metrotvnews.com: Putus cinta memang menyakitkan dan mungkin akan membuat hidup Anda berantakan. Anda mungkin akan mengurung diri Anda dan kehilangan nafsu makan. 

Ini hanyalah sindrom di fase awal putus cinta, beberapa hari atau beberapa minggu kemudian, Anda akan merasa lebih baik lagi. Mungkin sulit untuk dipercaya, tetapi perpisahan bisa menjadi berkah tersembunyi. Berikut sisi positif yang akan Anda dapatkan setelah putus cinta.

1. Anda memiliki waktu sendiri lebih banyak
Ketika Anda berada dalam sebuah hubungan, Anda mungkin menghabiskan setiap akhir pekan dengan pasangan Anda, dan Anda mungkin berbicara di telepon selama berjam-jam setiap malam. Ini mungkin menyenangkan dan menarik, tetapi juga memakan waktu. Putus memang sulit pada awalnya, tetapi setelah terluka dan kepahitan berlalu, Anda akan menemukan banyak waktu luang. Carilah hobi baru atau menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-teman Anda.

2. Anda bisa belajar tentang diri Anda
Melalui perpisahan juga mengajarkan kita banyak tentang diri kita sendiri. Dalam kebanyakan kasus, kedua pasangan sama-sama berkontribusi dalam perpisahan yang terjadi. Mungkin mantan Anda mengeluhkan sikap Anda yang selalu murung atau egois. 

Daripada Anda mencatat semua keluhannya, lihatlah lebih jauh ke dalam diri Anda dan pertimbangkan apakah Anda memiliki sifat-sifat tersebut. Anda juga dapat berbicara dengan teman atau saudara yang dapat dipercaya untuk menentukan apakah keluhan mantan Anda ada benarnya. Jika demikian, segera ambil langkah-langkah untuk menjadi versi yang lebih baik dari diri Anda sendiri.

3. Anda bisa mengambil keuntungan dari peluang baru
Ketika Anda berada dalam sebuah hubungan, Anda tidak dapat selalu mengambil keuntungan dari kesempatan yang diberikan kepada Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin menolak tawaran pekerjaan di negara yang berbeda karena Anda tidak ingin meninggalkan pasangan Anda, atau Anda mungkin lulus dan mendapat kesempatan untuk mengikuti sekolah pascasarjana di negara lain karena Anda berada dalam suatu hubungan. Sekarang Anda lajang, Anda dapat mengambil keuntungan dari setiap kesempatan yang datang pada Anda.

4. Anda tidak harus berhubungan dengan hubungan drama
Bahkan hubungan terbaik memiliki masalah dari waktu ke waktu, sehingga kadang seperti bermain drama. Anda mungkin berdebat tentang tidak cukupnya waktu kalian bersama-sama, dan Anda mungkin sesekali Anda akan berurusan dengan cemburu. Tidak ada hubungan yang sempurna dan dibutuhkan banyak usaha untuk mempertahankan ikatan yang kuat. Di sisi lain, putus cinta berarti Anda terbebas dari drama yang menguras pikiran dan perasaan.

5. Anda tidak perlu berkompromi
Belajar bagaimana berkompromi penting untuk membangun hubungan yang kuat. Hubungan tidak bekerja ketika satu orang egois dan hanya peduli tentang kebutuhannya. Selain itu, bisa membuat frustasi jika Anda merasa pasangan Anda tidak pernah berkompromi dan Anda yang harus selalu berkorban. 

Sekarang hubungan Anda telah berakhir, Anda bebas untuk melakukan apa yang Anda inginkan. 

Mengakhiri hubungan memang sulit, dan mungkin membutuhkan beberapa minggu atau berbulan-bulan sebelum Anda mampu mengatasi sakit hati. Daripada fokus pada rasa kehilangan, lebih baik Anda berpikir tentang manfaat dari putus hubungan Anda dan mengambil keuntungan dari situasi tersebut. (Sumarni / allwomenstalk)


(AWP)