Pesawat Hercules Jatuh

TNI Akui Ada Warga Sipil di Pesawat Hercules

Wandi Yusuf    •    Selasa, 30 Jun 2015 17:25 WIB
hercules jatuh di medan
TNI Akui Ada Warga Sipil di Pesawat Hercules
Foto: Lokasi jatuhnya pesawat Hercules A1310 di Jalan Letjen Jamin Ginting, KM 9, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Selasa (30/6/2015)/dok_Twitter

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Fuad Basya mengakui ada warga sipil yang menumpang di pesawat militer berjenis Hercules, yang jatuh siang tadi di Medan.

"Kalau ada warga sipil yang menjadi korban, kemungkinan dari keluarga (anggota TNI) atau dari penduduk," kata Fuad saat dihubungi Metro TV, Selasa (30/6/2015).

Fuad mengatakan ada 50 penumpang dalam pesawat tersebut yang berasal dari anggota satuan TNI di Ranai dan Natuna. Namun, ia juga tak membantah jika ada penumpang sipil yang berasal dari keluarga anggota TNI.

"Untuk sementara kita belum memeriksa manifes pesawat. Kita sedang fokus mengevakuasi korban," ujarnya.

Meski begitu, Fuad memastikan jika penumpang sipil, khususnya keluarga anggota TNI, boleh ikut dalam pesawat militer.

"Misalnya ada anggota TNI yang mau pindah, kemudian dia borongan mau ke sana. Itukan (perjalanan) dinas. Itu boleh. Untuk keluarga tentara itu diizinkan," jelasnya.

Sebelumnya, Mikhail Sirait, keluarga korban, mengatakan ada dua keponakannya yang berada di pesawat. Kedua adik kakak itu merupakan anggota keluarga dari anggota TNI AD yang bertugas di Ranai.

"Dari rumah, saya antar langsung ke Bandara Soewondo. Rencananya pesawat berangka pukul 09.00 WIB, tapi baru berangkat pada 11.20 WIB," katanya. Tak berselang lama dia mendapatkan informasi melalui telepon jika pesawat yang dinaiki kedua keponakannya itu terjatuh.

Pesawat Hercules C-130 A1310 milik TNI AU jatuh di Jalan Letjen Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni. Pesawat jatuh sekitar pukul 11.48 WIB atau dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan.


(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA