Pasar Modern Harus Dapat Akomodasi Produk Lokal

Antara    •    Selasa, 30 Jun 2015 17:36 WIB
pasar
Pasar Modern Harus Dapat Akomodasi Produk Lokal
Ilustrasi -- ANTARA FOTO/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Mataram: Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh mengingatkan pelaku usaha pasar modern di kota ini agar mengakomodasi berbagai produk lokal, sebagai salah satu bentuk dukungan untuk peningkatan ekonomi masyarakat.

"Barang-barang yang dijual di pasar moderen hendaknya tidak hanya didatangkan dari luar kota, melainkan juga harus mengakomodasi berbagai produk pengusaha lokal," katanya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (30/6/2015).

Menurut dia, berbagai produk lokal seperti produk pertanian dari para kelompok tani di kota ini tidak kalah dengan produksi dari daerah lain. Jika diakomodasi diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat.

Dikatakannya, kehadiran pasar modern terbesar merupakan salah satu indikator kemajuan ekonomi sebuah daerah.

Manfaat yang dirasakan masyarakat  antara lain penyerapan tenaga kerja dan kemudahan masyarakat mendapatkan pelayanan maksimal dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

"Ini merupakan sebuah kepercayaan investor kepada Kota Mataram, yang harus bersama-sama dijaga karena kota ini memiliki prospek dalam bidang jasa dan perdagangan yang sangat bagus," ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, untuk tetap menjaga persaingan sehat antar pengusaha serta tidak mematikan pasar tradisional, pemerintah kota tentu tetap melakukan pengawasan dan pengendalian terhadap keberadaan pasar modern secara ketat.

Artinya, pihak-pihak yang ingin berinvestasi tidak bisa serta-merta diberikan izin. Akan tetapi, setiap pengajuan izin investasi harus melalui kajian-kajian secara maksimal agar terjadi keseimbangan antara ekonomi pasar modern dan pasar tradisional.


(SAW)