Ikan Asal Sulsel Tembus Jeddah

Antara    •    Selasa, 30 Jun 2015 17:47 WIB
perikanan
 Ikan Asal Sulsel Tembus Jeddah
Pemerintah tangkap pencuri ikan di Natuna -- ANTARA/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Makassar: Ekspor komoditas Ikan Tenggiri dan Ikan Laccukang (Kakak Tua Putih) telah mampu menembus pasar Jeddah, Arab Saudi.

Kepala Cabang PT Suryagita Nusaraya SN Kargo Makassar Dian Aksa menuturkan telah mengirimkan Ikan Tenggiri dan Ikan laccukang ke Jeddah. 

"Sejak April lalu, kami telah mengirimkan Ikan Tenggiri dan Ikan Laccukang ke Jeddah dengan frekuensi pengiriman hingga tiga kali seminggu," kata Dian Aksa di Makassar, Selasa (30/6/2015).

Dia selama ini telah membantu membuka pasar untuk komoditas Sulsel di luar negeri terutama untuk pasar Jeddah menyukai ikan Sulsel yang segar.

Ia menjelaskan setiap kali pengiriman, pihaknya bisa mengekspor hingga lima ton berat bersih komoditas ikan tersebut. Ini berarti dalam sebulan, pihaknya dapat mengirimkan hingga 60 ton ikan ke Jeddah.

"Bulan Ramadan ini memang volumenya berkurang hingga sekitar dua ton per pengiriman, selain karena permintaan sedikit berkurang, nelayan juga jarang yang melaut," katanya.

Selain ikan, ia mengatakan Sulsel masih memiliki berbagai komoditas ekspor andalan lain yang dikirim via kargo udara, di antaranya kulit ular dan buah
markisa.

Menurut Dian, Sulsel sebenarnya memiliki potensi ekspor via udara yang sangat besar, hanya saja data ekspor tersebut tidak dimiliki oleh Disperindag karena beberapa komoditi dikirim tanpa COO (Certificate of Origin).

"Beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, tidak mewajibkan COO sehingga datanya tidak masuk ke Disperindag," katanya.

Dian menyarankan Pemprov Sulsel juga mengoptimalkan ekspor via udara karena membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk sampai ke negara tujuan.

"Selama ini pemerintah cenderung fokus pada ekspor melalui pelabuhan padahal juga ada peluang besar melalui bandara," tutupnya.  



(SAW)

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

Fahri Sebut Nazaruddin Kesal Asimilasinya Ditunda

2 hours Ago

Fahri membeberkan, di dalam Lapas Nazar memiliki body guard yang bertugas melindungi dan …

BERITA LAINNYA