Gubernur Yogyakarta Minta Pemkot Tambah Area Parkir Keperluan Lebaran

Ahmad Mustaqim    •    Selasa, 30 Jun 2015 19:22 WIB
lalu lintas
Gubernur Yogyakarta Minta Pemkot Tambah Area Parkir Keperluan Lebaran
Gubernur Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X, Metrotvnews.com/ Ahmad Mustaqim

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Kota Yogyakarta terancam macet saat libur lebaran nanti. Salah satu alasannya adalah pengelolaan area parkir di Yogyakarta masih semrawut. Gubernur Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono X pun meminta pemerintah kota menyiapkan kantong parkir tambahan keperluan selama Lebaran.

"Kantong parkir problemnya. Saya mau kepastiannya (pemerintah) kota. (Solusi) alternatif harus ada," kata Gubernur Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (30/6/2015).

Yogyakarta menjadi destinasi wisatawan di musim Lebaran. Namun, area parkir di Yogyakarta tak mampu menampung volume kendaraan. Misalnya di kawasan Abu Bakar Ali dan Ngabean. Akibatnya, beberapa bus wisata parkir di pinggir jalan protokol.

Tapi, Sultan menolak alun-alun utara menjadi area parkir. Sebab, lokasi yang berada di lingkungan keraton itu terancam kotor bila menjadi tempat parkir.

Beberapa alternatif solusi mulai bergulir. Lokasi parkir yang diwacanakan di antaranya di XT Square dan tanah kas desa di utara gedung Jogja Expo Centre (JEC) seluar lima hektar, meskipun jaraknya cukup jauh dari lokasi wisata.

"Bagi saya perlu membangun infrastruktur untuk menampung kebutuhan itu, ada alternatif sebagian tapi mungkin hanya bisa sehari dua hari," kata Sultan.

 


(RRN)