Dampak Krisis Yunani ke Indonesia Berlangsung Temporer

Eko Nordiansyah    •    Selasa, 30 Jun 2015 19:38 WIB
ekonomi yunani
Dampak Krisis Yunani ke Indonesia Berlangsung Temporer
Fauzi Ichsan (FOTO ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pelaksana tugas (Plt) Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Fauzi Ichsan menilai, krisis Yunani yang berdampak pada defisit transaksi berjalan (current account defisit/CAD) tidak akan berdampak banyak ke negara berkembang seperti Indonesia.

"Kita lihat Yunani disebabkan dua faktor. Defisit CAD adalah terbesar. Global pengaruhi pembiayaan CAD. Faktor global itu negatif kepada CAD Indonesia, misalnya krisis Yunani," ujar dia, di Hotel Mulia, Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2015).

Kendati demikian, dirinya memprediksi, Pemerintah Yunani akan memberikan referendum terkait utang mereka. Namun, dengan adanya krisis Yunani akan ada kemungkinan besar Yunani keluar dari Eropa.

Dengan begitu dampak krisis Yunani ke pasar finansial Eropa dan emerging market, khususnya negara berkembang yang punya defisit yang besar, seperti Indonesia, Brasil, dan Turki akan berlangsung temporer.

"Kalau lihat sebelumnya krisis Meksiko 1995, Argentina di awal 2000-an, dampaknya kepada emerging market temporer. Bisa dibilang krisis Yunani kepada emerging market negatif tapi temporer. Tidak lebih dari satu bulan," lanjut dia.

Untuk itu, dirinya menilai, Indonesia tidak perlu khawatir bukan saja karena krisis dampak temporer, tetapi CAR perbankan masih tertinggi di 20 persen. Dibandingkan krisis finansial global 2008, CAR masih 17 hingga 18 persen, dan NPL perbankan di bawah tiga persen.

"Jadi, capital buffer perbankan masih kuat. Yang jadi isu adalah kombinasi krisis Yunani dan normalisasi Amerika Serikat dan suku bunga dolar apa dampaknya. Fokus ke defisit neraca berjalan," pungkasnya.


(ABD)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA