Berkas Sudah di Tipikor, Praperadilan Mantan Gubernur Papua Harus Gugur

Deny Irwanto    •    Selasa, 30 Jun 2015 19:42 WIB
praperadilan
Berkas Sudah di Tipikor, Praperadilan Mantan Gubernur Papua Harus Gugur
Pimpinan KPK. MI/Panca

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjawab permohonan gugatan praperadilan yang diajukan mantan Gubernur Papua Barnabas Suebu. KPK membantah semua dalil gugatan dan beranggapan permohonan Barnabas sebaiknya digugurkan.

"Sehingga status pemohon pada saat ini sudah menjadi terdakwa, dan bukan lagi berstatus tersangka sebagaimana objek praperadilan yang diajukan oleh pemohon," kata anggota Biro Hukum KPK, Indra Mantong Batti, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (30/6/2015).

Indra melanjutkan, Pasal 82 ayat (1) huruf d KUHAP menyebutkan apabila suatu perkara sudah mulai diperiksa oleh pengadilan negeri, sedangkan pemeriksaan mengenai permintaan kepada praperadilan belum selesai, maka permintaan tersebut gugur.

Dalam konteks ini, KPK sebagai termohon telah melimpahkan berkas perkara tindak pidana korupsi Barnabas ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Berdasarkan uraian yang dipaparkan di persidangan, KPK berkesimpulan bahwa semua dalil-dalil yang dijadikan alasan oleh tim kuasa hukum Barnabas sebagai pihak pemohon untuk mengajukan praperadilan adalah tidak benar.

"Oleh karena itu selanjutnya memohon Hakim untuk menerima dan mengabulkan eksepsi termohon seluruhnya dan menyatakan permohonan praperadilan pemohon gugur," bebernya.

Selajutnya, Hakim tunggal Ganjar Pasaribu menyatakan menunda persidanganan dan menjadwalkan sidang lanjutan besok untuk pemaparan bukti dari pihak pemohon.

"Bagaimanapun, pemaparan tadi masih sebatas pernyataan jawaban. Pengujian nanti tetap baru bisa dilakukan dari hasil pemaparan bukti," ujar Hakim Ganjar.


(TRK)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA