JK: Pemerintah Bakal Perbarui Alutsista Pascatragedi Hercules

Suci Sedya Utami    •    Selasa, 30 Jun 2015 19:46 WIB
hercules jatuh di medan
JK: Pemerintah Bakal Perbarui Alutsista Pascatragedi Hercules
Jusuf Kalla----MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, insiden pesawat Hercules tipe C-130 milik TNI AU menandakan pemerintah harus memperbaiki alat utama sistem senjata (alutsista). Sudah seharusnya alutsista Indonesia diperbarui.

"Rencananya pemerintah memperbaiki alutsista kita secara bertahap," kata JK di kantornya, Jalan Veteran III, Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (30/6/2015).

JK mengakui, pesawat Hercules yang jatuh adalah pesawat tua. Burung besi itu sudah beroperasi kurang lebih 50 tahun. Untuk itu, perlu ada pembaruan atau diretrofit.

"Kita punya 20 Hercules. Kita, tentara itu baru beli pesawat tahun 50-60, waktu zamannya Bung Karno dan zaman Jenderal Yusuf. Tahun 60 itu awal-awal Hercules," jelas dia.

Pengamat politik pertahanan dan keamanan Universitas Padjajaran Bandung, Muradi, menilai tragedi ini menunjukkan kekuatan dirgantara Indonesia memang sudah rapuh. Menurut dia, sebagian besar alutsista Indonesia berusia uzur dan sebagian lagi merupakan pengadaan lewat skema hibah yang pesawatnya juga sudah berumur.


(TII)