Penyerangan LP Cebongan Tergolong Pelanggaran HAM yang Serius

- 29 Maret 2013 11:16 wib
ANTARA/Sigid Kurniawan/rj
ANTARA/Sigid Kurniawan/rj

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Nasional (Komnas HAM) Siti Noor Laila mengatakan penyerangan Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan tergolong pelanggaran HAM yang serius.

Kesimpulan itu disampaikan setelah pihaknya melakukan investigasi dan konfirmasi selama tiga hari atas peristiwa mengerikan yang menewaskan empat tahanan. 

"Ada fakta tidak ada penghormatan proses peradilan dan juga tidak ada penghormatan kepada lembaga negara," ujar Siti baru-baru ini.

Siti menambahkan hasil kunjungan selama tiga hari itu akan dikoordinasikan dengan Kapolri, Panglima TNI dan pihak-pihak yang terkait. “Hasil ini akan kita konfirmasikan kepada Panglima TNI dan Kapolri," tukasnya. 

Pada 19 Maret, terjadi pembacokan di Hugo's Cafe Maguwoharjo yang menewaskan anggota Kopassus Grup 2, Kandang Menjangan, Kartasura, Jawa Tengah, Sertu Heru Santosa. 

Lalu, pihak Polda DIY menitipkan 11 tahanan ke LP Cebongan pada Jumat (22/3) siang. Dari 11 tahanan itu termasuk empat tersangka pembacok Sertu Heru Santosa. Dan pada 23 Maret dini hari, gerombolan orang bersenjata laras panjang menyerang LP dan membunuh 4 dari 11 tahanan yang dititipkan.

Empat tahanan tewas dalam penyerangan yang berlangsung pada Sabtu (23/3) itu, yakni Hendrik Benyamin Sahetapy Engel alias Diki, Yohanis Juan Mambait alias Juan, Gamaliel Yermiyanto Rohi Riwo alias Adi, dan Adrianus Candra Galaja alias Dedi. (AU)

()

Suryadharma Ali menyebut, ada aspirasi dari bawah yang menghendaki berkoalisi dengan Gerindra.