Emil Berjanji tak Akan Gusur Pemukiman Kumuh

Roni Kurniawan    •    Selasa, 30 Jun 2015 22:48 WIB
permukiman liar
Emil Berjanji tak Akan Gusur Pemukiman Kumuh
Sejumlah siswa SD memerhatikan ruangan kelasnya Sekolah Babakan Surabaya yang ambruk di Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/3/2008). Foto: Antara/Agus Bebeng

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berjanji tidak akan menggusur atau menghilangkan momen kehidupan warga Bandung di kawasan kumuh yang sudah ditempati lama. Bahkan, pria yang akrab disapa Emil ini, akan membenahi dan menata kembali kawasan kumuh tersebut menjadi kawasan yang layak huni bagi warga Kota Bandung.

Diakui Emil, saat ini Pemkot Bandung mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat sebesar Rp70 miliar untuk menangani masalah pemukiman kumuh di Kota Bandung. Dalam melakukan pengentasan masalah tersebut, Emil pun berencana akan mendistribusikan ke beberapa wilayah yang terkesan kumuh.

"Anggaran itu akan kita distribusikan ke daerah-daerah kumuh. Salah satunya di kawasan Babakan Surabaya. Tapi, intinya kita tidak akan menggusur," ujar Emil, kepada awak media, di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Selasa (30/6/2015).

Untuk proses perbaikan pemukiman kumuh tersebut, lanjut Emil, warga yang menghuni akan direlokasi terlebih dahulu ke apartemen transit. Oleh sebab itu, Emil saat ini akan membangun apartemen-apartemen transit terlebih dahulu untuk merelokasi warga yang berada di kawasan kumuh tersebut.

Setelah perbaikan kawasan kumuh selesai, para penduduk yang ada di apartemen transit ini bisa kembali ke kawasan kumuh yang tentunya sudah dengan suasana dan penataan dengan baik. Pemkot Bandung akan membongkar rumah-rumah tersebut dan menyulapnya menjadi rumah yang layak huni.

"Minimal naik dari satu lantai menjadi dua lantai. Dari dua lantai menjadi empat lantai dan dilengkapi ruang terbuka hijau. Sungainya pun bersih dan ada pula septic tank komunal sehingga enggak buang air sembarangan," pungkasnya.


(UWA)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA