Fitur Otomotif Terbaru

Ford Luncurkan Fitur Anti Blind Spot di Persimpangan

Nurtjahyadi    •    Selasa, 30 Jun 2015 23:35 WIB
ford
Ford Luncurkan Fitur Anti Blind Spot di Persimpangan
Fitur anti blindspot di mobil Ford, berupa kamera dengan view 180 derajat, bantu penglihatan di perempatan jalan.

Metrotvnews.com: Baru-baru ini Ford mengungkapkan sebuah teknologi keselamatan terbaru yang diberi nama Front Split View Camera. Fitur ini berguna saat kendaraan keluar dari sebuah gang tertutup di mana pengemudi kendaraan sulit memantau kondisi arus lalu-lintas jalan dari arah kiri maupun kanan.

Dengan fitur ini pengemudi tidak perlu lagi repot 'mengintip-intip' situasi jalan yang akan Ia masuki. Lantaran kamera yang terpasang di bagian grill depan mampu menjangkau pemandangan seluas 180 derajat untuk membantu pengemudi keluar dari sebuah persimpangan 'buta' dengan lebih aman.

Fitur yang baru akan tersedia di model Ford Galaxy dan S-Max ini, memanfaatkan sebuah kamera beresolusi 1 megapixel yang akan mengirimkan gambar pandangan selebar 180 derajat kepada layar infotainment berukuran 8 inci di dasbor kendaraan.

Kamera berukuran lebar 33 mm itu memiliki sistem pembersih 'jet washer' sendiri yang akan bekerja setiap pengemudi mengoperasikan wiper untuk menjamin lensanya tetap bersih.

"Kami telah menguji Front Split View Camera sejak matahari terbit hingga terbenam di berbagai kondisi jalan, di kemacetan jalan perkotaan, dan di wilayah yang banyak terdapat pejalan kaki dan pesepeda," ujar Driver Assistance Electronic Systems Ford Ronny House.

"Kami juga mencobanya di terowongan, gang-gang sempit dan beberapa garasi dalam segala kondisi cahaya, termasuk memastikan teknologi ini berfungsi ketika cahaya matahari langsung mengenai kamera," sambungnya.

Menurut data yang diperoleh European Road Safety Observatory SafetyNet, 19 persen pengemudi terlibat kecelakaan di persimpangan yang memiliki gangguan pandangan. Sementara UK Department of Transport mengatakan pada 2013, penglihatan yang terganggu oleh faktor eksternal menyumbang 11 persen dari seluruh kecelakaan di jalan.

Saat ini fitur Front Split View Camera baru tersedia pada Ford Galaxy dan S-Max sebagai fitur opsional dengan biaya tambahan sebesar 400 poundsterling atau sekitar Rp8.297.200. Rencananya teknologi ini juga akan ditawarkan pada Ford Edge yang akan dijual di Eropa akhir tahun ini.


(UDA)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA