Gunung Raung Siaga, BNPB Petakan Evakuasi Radius Terdampak

Amaluddin    •    Rabu, 01 Jul 2015 00:51 WIB
gunung raung
Gunung Raung Siaga, BNPB Petakan Evakuasi Radius Terdampak
Asap putih dari Gunung Raung menunjukan aktifitas vulkanik gunung terus meningkat. (Metro TV: Mamang Pratidina)

Metrotvnews.com, Surabaya: Status Gunung Raung di Kabupaten Bondowoso meningkat dari waspada ke siaga. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Provinsi Jawa Timur terus melakukan koordinasi dengan pemerintah terkait di tiga kabupaten, yaitu Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso, di kantor Pemkab Banyuwangi, Selasa (30/6/2015).

Salah satu pembahasannya adalah memetakan daerah terdampak yang telah disusun sejak aktivitas vulkanik bergejolak pada 2012 silam.

"Dalam rapat ini kita up date peta kontijensinya di tiga kabupaten, Banyuwangi, Jember, dan Bondowoso. Seluruh pemangku kepentingan akan disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing," kata Kepala BNPB Provinsi Jatim, Sudarmawan, saat dikonfirmasi.

Dari tiga kabupaten tersebut, Sudarmawan menyebut yang bakal paling besar terdampak jika Gunung Raung erupsi adalah Kabupaten Banyuwangi.

Sudarmawan menjelaskan, berdasarkan data pemetaan daerah tahun 2012, di Kabupaten Banyuwangi terdapat 6 kecamatan yang akan terdampak. Sedangkan di Kabupaten Bondowoso terdata 2 kecamatan dan Kabupaten Jember 1 kecamatan.

"Dalam rapat koordinasi ini kita akan klarifikasi lagi. Kawasan Rawan Bencana (KRB) kita petakan mulai dari Ring 1, Ring 2, dan Ring 3," paparnya.

BNPB Provinsi Jatim, lanjut Sudarmawan, hanya melanjutkan rekomendasi dari pusat vulkanologi yang menganjurkan pengamanan di radius 3 kilometer.

"Kita telah sosialisasikan radius aman di 3 km dari puncak Gunung Raung. Namun begitu kita telah memasukkan kawasan rawan bencana hingga radius 10 km. Evakuasinya menunggu status awas. 33 titik evakuasi telah kita siapkan," tandasnya.


(MEL)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

1 week Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA