Waspada 4 Pasar di Brebes Ini Saat Mudik

Kuntoro Tayubi    •    Rabu, 01 Jul 2015 01:08 WIB
ramadan 2015
Waspada 4 Pasar di Brebes Ini Saat Mudik
Pasar tumpah di Bulakamba, Brebes, salah satu titik rawan macet di Pantura. Foto: Metrotvnews.com/ Kuntoro Tayubi

Metrotvnews.com, Brebes: Empat pasar tumpah di jalur pantura Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menjadi titik rawan macet saat arus mudik dan arus balik Lebaran nanti.

Keempat pasar tumpah itu adalah Pasar Losari di perbatasan Brebes (Jateng) dan Cirebon (Jabar), Pasar Bulakamba, Pasar Induk Brebes, dan Pasar Dermoleng Kecamatan Ketanggungan. Hampir setiap arus mudik dan balik Lebaran, di empat titik pasar tumpah ini terjadi kemacetan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Brebes, AKP Rendy Jul Ikhlas, mengatakan polisi akan berkonsentrasi untuk mengurai kemacetan di sana.

“Selain menempatkan personel yang mempunyai kualitas untuk melakukan pengaturan lalu lintas dan penarikan arus, kami juga akan mendirikan pos pengamanan agar penanganan kemacetan bisa cepat. Kemudian, menutup bukaan median jalan untuk perputaran kendaraan dan dialihkan ke lokasi yang jauh dari pasar,” kata Rendy, di Kantor Satlantas, Selasa (30/6/2015).

Kanit Dikyasa Iptu Suroto menjelaskan jajarannya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait di pemkab Brebes terkait penanganan pasar tumpah. Pemkab diharapkan dapat mengarahkan para pedagang agar aktivitas berjualannya tidak memakan bahu jalan. "Melalui upaya-upaya itu kami berharap bisa menanggulangi kemacetan di pasar tumpah," katanya.


(UWA)