Ahok Minta Sopir Angkutan Mudik Jalani Tes Kesehatan

Wanda Indana    •    Rabu, 01 Jul 2015 03:45 WIB
mudik lebaran 2015
Ahok Minta Sopir Angkutan Mudik Jalani Tes Kesehatan
Terminal bus AKAP (Antara/ Reno Esnir)

Metrotvnews.com, Jakarta: Gubernur DKI Jakarta, Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama mengatakan persiapan arus mudik tahun ini sudah baik. Pemprov DKI menyediakan 7.923 unit angkutan Lebaran dan 490 bus bantuan untuk arus mudik dan balik Lebaran 2015. Jumlah itu meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 2.389 unit.

Mantan Bupati Belitung Timur itu memerintahkan dinas terkait untuk mengadakan tes kesehatan sopir bus. Upaya itu dilakukan agar perjalanan mudik masyarakat tak terganggu.

"Sejauh ini oke, semua dikumpulin bus‎ Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) segala macam. Yang penting saya bilang semua dicek sopirnya kesehatannya gimana, pakai narkoba tidak, jantungan tidak" ujar Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (30/6/2015).
 
Berdasarkan data Dinas Perhubungan dan Transportasi (Dishubtrans) DKI Jakarta, 7.923 angkutan lebaran itu terdiri dari 2.469 bus‎ Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) DKI dan 5.454 bus AKAP non DKI. Sementara 490 unit bus bantuan meliputi 275 bus pariwisata dan 215 bus kota.
 
Bus AKAP non DKI ‎disediakan Direktorat Jenderal Angkutan Darat. Sementara 2.469 unit bus AKAP DKI yang siap dioperasikan dari 41 Perusahaan Otobus (PO). Masing masing‎ PO menyiapkan tiga sampai dengan 517 unit armadanya untuk angkutan Lebaran.
 
Kepala Bidang Angkutan Darat Emmanuel Kristanto mengatakan, armada itu terkumpul berdasarkan hasil rapat koordinas dengan DPD Organda DKI, operator bus, Ditjen Perhubungan serta UPT Terminal, UPT Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dan kepala suku Dishubtrans di lima wilayah DKI.
 
Tak hanya itu, Dishubtrans DKI juga menyiapkan 12 terminal bus yang terdiri dari tiga terminal utama dan sembilan terminal bantuan. Tiga terminal utama terdiri dari Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan dan Terminal Pulo Gadung. Sembilan terminal bantuan di antaranya Terminal Tanjung Priok, Pinang Ranti, Rawamangun dan juga Pulo Gebang. Agar tidak terjadi penumpukkan penumpang, Dishubtrans DKI menyediakan 10 poll bus.


(MEL)