Tahun Depan Subsidi Listrik dan Elpiji Gunakan Kartu Sakti

Suci Sedya Utami    •    Rabu, 01 Jul 2015 06:10 WIB
kartu sakti jokowi
Tahun Depan Subsidi Listrik dan Elpiji Gunakan Kartu Sakti
Wakil Presiden Jusuf Kalla. (Antara)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah masih menggodok perubahan mekanisme subsidi listrik dan elpiji agar penyalurannya bisa menggunakan kartu sakti (kartu keluarga sejahtera/KKS) yang diprogramkan Pemerintahan Jokowi-JK, dan diharapkan bisa diterapkan tahun depan.

"Mudah-mudahan 2016 sudah bisa, karena ini kan sudah mulai memaparkan database yang dipakai juga untuk kartu-kartu itu, seperti kartu sejahtera," kata Menteri ESDM Sudirman Said ditemui di kantor Wakil Presiden, Jalan Veteran III, Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (30/6/2015).

Dengan mekanisme ini, nantinya subsidi diberikan langsung pada masyarakat bukan malah menyubsidi barangnya. Sehingga nantinya masyarakat bakal mendapat transferan uang dari pemerintah yang memang dikhususkan hanya untuk membeli listrik dan elpiji. 

"Bisa menggunakan kartu-kartu ini kemudian ditransfer uangnya," ujarnya.

Sudirman berkeyakinan, dengan adanya subsidi langsung menggunakan kartu ini, maka disparitas harga akan hilang. "Gini, kalau harga elpiji dari 3 kg ke 12 kg kan akan hilang, jadi subsidi yang tidak tepat sasaran akan berkurang," tambah dia.

Ditemui di tempat yang sama, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla menegaskan dengan adanya mekanisme penyaluran subsidi menggunakan kartu, maka akan terlihat mana yang memang betul-betul bisa memperoleh subsidi pemerintah.

"Pemerintah selalu ingin membantu masyarakat yang miskin yang pendapatannya rendah, karena itu subsidi semua harus seperti itu. Jadi subsidi katakanlah seperti kartu sehat, kartu pintar, juga nanti listrik itu harus sama pada orang miskin," jelas JK.


(MEL)