Yunani Gagal Bayar Utang ke IMF

Antara    •    Rabu, 01 Jul 2015 08:25 WIB
ekonomi yunani
Yunani Gagal Bayar Utang ke IMF
Pemrotes Yunani berdiri di bawah bendera Euro. FOTO: Reuters/Yannis Behrakis

Metrotvnews.com, Washington: Yunani pada Selasa ini menjadi negara maju pertama yang mengalami gagal bayar (default) utangnya kepada Dana Moneter Internasional (IMF) setelah gagal melakukan pembayaran sebesar 1,5 miliar euro (USD1,7 miliar).

"Saya menegaskan bahwa pembayaran USD1,2 miliar yang jatuh tempo oleh Yunani kepada IMF hari ini belum diterima," kata juru  bicara IMF Gerry Rice, seperti dilansir dari AFP, Rabu (1/7/2015).

"Kami telah memberitahu dewan eksekutif, bahwa Yunani sekarang menunggak dan hanya dapat menerima pembiayaan IMF setelah tunggakannya dihapus," tambah dia.

Setelah hari yang panjang upaya menghidupkan kembali kesepakatan pembiayaan kembali dana talangan (bailout)-nya dengan Uni Eropa gagal, Yunani telah membuat permintaan menit terakhir kepada IMF untuk memperpanjang pembayaran, yang jatuh tempo pada Selasa pukul 22.00 GMT.

Rice membenarkan permintaan itu, tapi dewan tidak menutup kemungkinan pada itu. Permintaan perpanjangan akan diajukan kepada Dewan Eksekutif IMF pada waktunya.


(AHL)