Tinjau Daerah, Mentan Selesaikan Masalah Petani

Husen Miftahudin    •    Rabu, 01 Jul 2015 09:44 WIB
kementan adsbea materai
Tinjau Daerah, Mentan Selesaikan Masalah Petani
Mentan Amran Sulaiman. FOTO: MTVN/Husen Miftahudin

Metrotvnews.com, Cirebon: Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron mengatakan, tinjauan daerah yang dilakukan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman ke sentra-sentra produksi pangan merupakan langkah yang tepat. Pasalnya, dengan tinjauan tersebut pemerintah dapat mengetahui permasalahan yang terjadi sehingga dapat langsung segera diatasi.

"Saya mengapresiasi langkah Pak Menteri Amran untuk meninjau secara langsung daerah. Permasalahan petani seperti benih, pupuk, alsintan (alat mesin pertanian) hingga kekeringan dapat segera langsung diatasi oleh beliau," ujar Herman ditemui di Cirebon, Selasa, 30 Juni 2015.

Ia mengungkapkan, usaha petani dalam meningkatkan produksi hasil pertanian mengalami hambatan, utamanya soal kekeringan. Jika tak segera diatasi, maka akan berdampak pada gagalnya panen produksi hasil pangan.

"Antisipasi kekeringan dengan menyiapkan pompa merupakan jalan terbaik agar tak gagal panen. Ini dilakukan Mentan sedari awal dengan mendistribusikan pompa sebanyak 30 ribu unit ke seluruh wilayah Indonesia," paparnya.

Jika Amran terus melakukan tinjauan daerah untuk menyelesaikan masalah petani, sebut Herman, maka dipastikan produksi pangan nasional akan meningkat dan mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri. Dengan kondisi tersebut, maka bukan tidak mungkin Indonesia dapat merealisasikan swasembada pangan yang ditargetkan pemerintah dalam beberapa tahun mendatang.

"Ini dilakukan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian. Jika begitu, maka produksi pangan dalam negeri dapat memenuhi kebutuhan dan tak perlu mengimpor dari negara lain. Hal ini juga mampu mewujudkan swasembada pangan yang sudah ditetapkan pemerintah," pungkas Herman.


(AHL)