Pesawat Hercules Jatuh

KSAU: Kejadian di Jamin Ginting Hampir Sama dengan di Condet

Krisiandi    •    Rabu, 01 Jul 2015 09:59 WIB
hercules jatuh di medan
KSAU: Kejadian di Jamin Ginting Hampir Sama dengan di Condet
Hercules yang jatuh di Medan. Foto: Atar/AFP

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan dari hasil kesimpulan sementara, pesawat Hercules yang jatuh di Jalan Jamin Ginting, Medan, mengalami kerusakan mesin. Itu merupakan analisis dari temuan tim di lapangan.  

"Ada percakapan antara capt pilot dengan tower untuk kembali ke pangkalan. Setiap pilot yang meminta kembali artinya ada kerusakan," kata Agus kepada Yohanna Margaretha dari Metro TV di Medan, Rabu (1/6/2015). 

"Kemudian kita lihat arah jatuhnya pesawat ke kanan, dugaannya mesinnya ada masalah. Itu perkiraan sementara," papar Agus. 

Agus mengatakan jatuhnya pesawat di Medan hampir sama dengan insiden di Condet, Jakarta Timur pada 5 Oktober 1991 silam. Insiden Condet juga melibatkan pesawat serupa. Saat itu pesawat jatuh setelah lepas landas dari Bandara Halim Perdanakusuma. Kecelakaan menewaskan 12 kru, 121 prajurit Paskhas TNI AU dan dua warga sipil. 

"Jadi begini, jatuhnya miring hampir sama dengan kejadian di Condet. Jatuhnya juga after take off, ada salah satu mesinnya yang rusak, tidak bekerja. Kejadiannya hampir sama, mallfunction," beber Agus.

Dia kembali menegaskan Hercules A1310 milik TNI AU layak terbang. Menurutnya, saat Hercules terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta ke Pekanbaru kemudian ke Dumai dan dilanjutkan ke Medan, sama sekali tak ada masalah. 

"Nah dari Medan ke Tanjung Pinang lah baru ada masalah," katanya.

Agus mengatakan jika tak layak terbang, maka dirinya tak akan mengizinkan pesawat untuk beroperasi. "Ini insidensial," tukasnya. 

Pesawat Hercules C-130 A1310 milik TNI AU yang membawa 113 penumpang, 12 di antaranya kru, jatuh di Jalan Letjen Jamin Ginting, Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni. Pesawat buatan 1964 itu jatuh sekitar pukul 11.48 WIB atau dua menit setelah lepas landas dari Pangkalan Udara Soewondo, Kota Medan. 


(KRI)

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

KPK Bakal Pelajari Pernyataan Miryam

1 day Ago

Miryam S. Haryani yang menyebut ada pertemuan anggota Komisi III DPR dengan pejabat KPK setingk…

BERITA LAINNYA