Yunani Siap Tunda Rencana Referendum

Antara    •    Rabu, 01 Jul 2015 10:11 WIB
ekonomi yunani
Yunani Siap Tunda Rencana Referendum
Ilustrasi Yunani -- Reuters/Alkis Konstantinidis

Metrotvnews.com, Valletta: Yunani telah menawarkan untuk menunda rencana referendumnya tentang persyaratan dana talangan (bailout) jika negosiasi dengan Uni Eropa dibuka kembali.

Demikian seperti dilansir dari AFP, Rabu (1/7/2015), Perdana Menteri Malta Joseph Muscat mengatakan hal tersebut seperti dilaporkan Times of Malta.

Laman web harian itu mengutip Perdana Menteri Joseph Muscat ketika memberitahu parlemen bahwa penawaran Yunani itu tunduk pada persyaratan dan bahwa dia tidak yakin jika itu adalah terobosan atau siasat Athena untuk mendapatkan lebih banyak waktu.

Surat kabar Jerman Die Welt juga melaporkan tawaran Yunani, mengatakan Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis telah mengatakan kepada rekan-rekan di Eurogroup bahwa Athena siap untuk menangguhkan pemungutan suara. "Jika rekan keuangannya dengan cepat setuju dengan dia".

Tanpa mengutip sumber-sumbernya, surat kabar menambahkan bahwa Athena akan menyampaikan surat baru kepada Ketua Eurogroup Jeroen Dijsselbloem. Perdana Menteri Alexis Tsipras telah menjadwalkan referendum pada Minggu (5/7) dan para pemilih didesak untuk secara besar-besaran menolak persyaratan dana talangan yang ditawarkan oleh Uni Eropa yang mewajibkan Athena melakukan pemotongan lebih lanjut untuk pengeluaran dan meningkatkan pajak penjualan.

Kebuntuan perundingan antara Yunani dan para kreditornya telah menghantui pasar ekuitas global dan menciptakan kekhawatiran krisis yang lebih besar jika negara itu berakhir gagal bayar dan terpaksa keluar dari euro.


(AHL)

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

Irman Kembali Diperiksa KPK sebagai Saksi Setnov

6 hours Ago

KPK kembali memeriksa mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman. Irman diperiksa sebagai saksi un…

BERITA LAINNYA